khasiat dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Jeruk nipis, siapa sih yang tidak mengenal buah jeruk nipis ini? Buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi serta memiliki rasa asam, pahit dan dengan sedikit rasa dingin sewaktu kita makan. Buah Jeruk nipis ( Citrus Aurantifolia ) dikenal mengandung banyak khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan.

Perasan air dari buah jeruk nipis ini biasanya sering digunakan sebagai penyedap atau bumbu dalam masakan, sari buah jeruk nipis juga sering digunakan untuk minuman dengan rasa yang sangat segar, untuk bahan pembuat asam sitrat, serta bisa juga digunakan sebagai penghilang karat pada bahan logam.

Selain itu Buah jeruk nipis ini sangat banyak khasiat dan manfaatnya sebagai obat alami untuk masalah kesehatan tubuh kita, seperti halnya digunakan sebagai obat batuk alami, untuk pengencer dahak (mukolitik) alami, untuk mengatasi masalah bau keringat tubuh kita, serta bisa juga digunakan untuk membantu proses pencernaan tubuh kita.

Kandungan yang terdapat pada Buah jeruk nipis antara lain minyak terbang linalool dan limonene, juga flavonoid seperti hesperidine, poncirin, naringin dan rhoifolin. kandungan lainya yang terdapat pada buah sewaktu masak adalah N-methyltyramine dan Synephrine. Dan selain mengandung asam nitrat yang bagus digunakan untuk mencegah kambuhnya kembali pasien pasca operasi batu ginjal, jeruk nipis juga mengandung  kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin A, B1, dan C.
Khasiat-manfaat-jeruk-nipis-bagi-kesehatan-dan-kecantikan


khasiat dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan serta kecantikan

Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat jeruk nipis sebagai cara pengobatan alami masalah kesehatan dan untuk perawatan kecantikan tubuh kita.
  • Batuk
Seperti yang sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya tentang mengobati batuk dengan obat batuk alami salah satunya adalah menggunakan khasiat buah jeruk nipis ini, adapun caranya peras buah jeruk nipis kira-kira 1/3 sendok makan, kemudian tambahkan dengan kecap, minum 3 kali sehari hingga terasa enakan,  Atau bisa juga dengan madu sebagai pengganti kecap.

Cara kedua : campur rebusan air jahe dengan perasan buah jeruk nipis kemudian tambahkan sedikit madu, minum sewaktu hangat, minum secara teratur hingga batuk berkurang atau sembuh.
  • Influenza disertai Batuk.
Gunakan buah jeruk nipis yang sudah masak, peras airnya seduh dengan air panas kurang lebih 60cc dan tambahkan ½ sendok teh air kapur sirih, aduk rata minum 2 kali sehari hingga terasa enakan.
  • Bau ketiak / bau badan.
Sudah pernah kita ulas juga pada artikel sebelumnya tentang manfaat buah jeruk nipis untuk menghilangkan bau badan, jeruk nipis bisa digunakan sebagai obat alami mengatasi bau badan yang mengganggu, caranya peras beberapa butir jeruk untuk mengambil sarinya, kemudian campur air perasan tadi dengan air kapur sirih secukupnya, aduk hingga merata kemudian oleskan ke bagian ketiak, diamkan beberapa saat hingga meresap, kemudian bilas dengan air bersih, Lakukan rutin dan teratur.

Daunnya pun juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi bau badan anda yang mengganggu, ambil 5 – 10 lembar daun jeruk nipis tumbuk sampai halus, bisa juga ditambahkan garam lalu bentuk seperti pil, makan 3 kali sehari.
  • Anyang – anyangan atau Beser.
Peras 2 buah jeruk nipis ditambahkan dengan gula batu secukupnya diseduh dengan 1 gelas air panas konsumsi sehari sekali.
  • Batu Ginjal.
Dua buah jeruk nipis kampung peras airnya larutkan dengan 2 gelas air panas, minum sehari sekali setelah makan malam, lakukan rutin hingga 10 – 15 hari.
caranya Peras 2 hingga 3 buah jeruk nipis yang sudah masak diseduh dengan setengah gelas air panas, tambahkan 1 sendok makan  madu, gunakan untuk kumur sewaktu masih hangat sebanyak 3 kali dalam sehari. Apabila tenggorokan sudah sangat serak dan susah digunakan untuk menelan bisa juga dengan menggunakan perasan jeruk nipis dicampurkan kedalam segelas air hangat yang sudah di beri sedikit garam, gunakan untuk berkumur selama 4 hingga 5 menit dan lakukan selama 3 kali dalam sehari hingga rasa sakit mereda. Bisa juga diganti dengan Jeruk Lemon.
Apabila radang sudah cukup parah dan anda ingin mengeluarkan lendir yang ada ditenggorokan gunakan perasan 2 buah keruk nipis campur dengan garam kedalam gelas dan aduk hingga rata, minum secara rutin.
  • Vertigo.
Ambil beberapa lembar daun jeruk nipis kira – kira 10 – 15 lembar kemudian lumat hingga halus, tambahkan dengan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, gosokkan pada dahi, tengkuk dan pelipis penderita vertigo, lakukan 2 kali sehari hingga penderita vertigo merasa baikkan.
  • Haid tidak teratur.
Seduh 3 sendok perasan air jeruk nipis dengan 2 gelas air panas dan tambahkan dengan 1 sendok makan madu, minum sewaktu hangat, lakukan rutin 3 kali sehari.
  • Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi jerawat.
Iris jeruk nipis dan kemudian gosokkan pada wajah hingga merata atau mengenai semua bagian wajah yang terkena jerawat, diamkan kurang lebih 3 – 5 menit, bilas hingga bersih, lakukan rutin tiap hari.
  • Manfaat jeruk nipis untuk mengatasi rambut rontok atau berketombe.
Potong jeruk nipis menjadi 3 bagian, oles merata ke kulit kepala, kemudian bungkus dengan handuk atau kain selama semalam, cuci atau keramas hingga bersih esok harinya. Lakukan rutin 3 kali seminggu.
  • Untuk memutihkan dan menghaluskan kulit wajah.
Manfaat Jeruk nipis untuk memutihkan dan menghaluskan kulit, caranya campur air perasan jeruk nipis dengan putih telur balurkan ke bagian wajah diamkan hingga mengering seperti sewaktu menggunakan masker wajah, diamkan hingga 20 – 30 menit kemudian bilas dan bersihkan menggunakan air dingin hingga bersih, lakukan secara rutin.
  • Untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat atau bekas luka.
Manfaat Jeruk nipis lainnya juga bisa digunakan untuk menghilangkan flex hitam bekas jerawat atau bekas luka pada tubuh kita caranya adalah, gosok bagian kulit atau wajah yang terkena noda hitam bekas jerawat dengan lembut secara rutin, lakukan secara teratur hingga noda samara tau menghilang.

Dan masih banyak lagi sebenarnya khasiat dan manfaat jeruk nipis lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan, tulisan diatas mungkin hanyalah sedikit informasi mengenai beberapa khasiat dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, semoga artikel yang sudah dirangkum dari berbagai sumber diatas tersebut bisa bermanfaat bagi anda.(berbagi-kiat)