obat tradisional alami untuk sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan, saya yakin pasti anda juga pernah mengalami penyakit yang satu ini, bahkan mungkin hampir semua orang saya rasa juga pernah mengalami penyakit yang sangat mengganggu ini, rasa sakit yang terjadi pada tenggorokan atau hulu kerongkongan (pharynx).

Rasa sakit ini timbul karena terjadinya peradangan pada tenggorokan kita, peradangan ini biasanya bisa muncul dikarenakan infeksi oleh bakteri atau virus disaat kondisi kesehatan tubuh kita sedang melemah.

Bila kita sedang mengalami sakit radang tenggorokan biasanya disertai dengan rasa gatal yang cukup menggangu pada tenggorokan, disertai dengan batuk, serta susah digunakan untuk menelan makanan serta suara yang serak terasa berat di waktu kita berbicara dan apabila kondisi sakit radang tenggorokan sudah cukup parah bahkan kita akan kehilangan suara kita untuk sementara waktu dan pastinya akan menghambat aktifitas kerja kita, terutama bagi anda yang bekerja sebagai front office atau Customer service seperti saya.

Cara mengobati sakit radang tenggorokan dengan obat alami

obat-tradisional-alami-untuk-sakit-tenggorokan

Penyebab terjadinya radang tenggorokan

Penyebab utama radang tenggorokan ini biasanya terjadi karena infeksi dari bakteri Streptococcus. Bakteri ini sangat mudah menyebar dan cepat menular, penyebaran seringkali melalui udara sewaktu penderita radang sedang batuk atau bersin, selain itu bisa juga melalui melalui makanan dan minuman atau kita melakukan kontak dengan barang yang sudah terkontaminasi dengan bakteri ini.

Gejala sakit tenggorokan

Bagaimana kita bisa mengenali bahwa seseorang tersebut sedang mengalami infeksi radang tenggorokan? berikut ini adalah tanda-tanda umum yang ditimbulkan apabila kita mengalami sakit tenggorokan :
  • Munculnya bintik-bintik merah pada bagian ujung belakang atap mulut kita.
  • Tenggorokan terasa sakit, kesulitan untuk menelan dan berbicara.
  • Membengkaknya amandel yang disertai memerahnya amandel, terkadang terdapat bercak putih dan bahkan hingga munculnya lapisan nanah.
  • Badan terasa kurang sehat, mudah lelah disertai dengan sakit kepala.
  • Suhu tubuh meningkat, perut terasa sakit dan terkadang disertai rasa mual hingga muntah.
Gejala sakit radang tenggorokan ini seringkali menjadi “pratanda” kita akan terkena Flu dan Pilek.

Obat tradisional alami sakit radang tenggorokan

Nah berikut ini sedikit tips yang akan kami berikan tentang cara mengobati radang tenggorokan dengan menggunakan obat alami yang aman juga apabila digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan pada anak-anak.
  • Jeruk Nipis
Jeruk Nipis merupakan obat radang tenggorokan alami yang ampuh, adapun caranya Peras 2 hingga 3 buah jeruk nipis yang sudah masak diseduh dengan setengah gelas air panas, tambahkan 1 sendok makan  madu, gunakan untuk kumur sewaktu masih hangat sebanyak 3 kali dalam sehari. Apabila tenggorokan sudah sangat serak dan susah digunakan untuk menelan bisa juga dengan menggunakan perasan jeruk nipis dicampurkan kedalam segelas air hangat yang sudah di beri sedikit garam, gunakan untuk berkumur selama 4 hingga 5 menit dan lakukan selama 3 kali dalam sehari hingga rasa sakit mereda. Bisa juga diganti dengan Jeruk Lemon.
Apabila radang sudah cukup parah dan anda ingin mengeluarkan lendir yang ada ditenggorokan gunakan perasan 2 buah keruk nipis campur dengan garam kedalam gelas dan aduk hingga rata, minum secara rutin.
  • Jahe
Jahe juga sangat manjur untuk mengobati penyakit radang tenggorokan, caranya ambil 1 biji jahe kemudian dimemarkan rendam dengan air panas yang sudah di beri sedikit garam, bisa juga ditambahkan dengan Teh, atau ditambahkan dengan air perasan jeruk nipis, minum secara rutin hingga rasa sakit berkurang.
  • Kunyit
Dengan menggunakan bahan Kunyit, caranya campur kunyit dengan air panas kurang lebih 200 ml dan 1 sendok makan garam dan aduk hingga rata, gunakan untuk berkumur rutin 3 kali sehari hingga rasa sakit tenggorokan berkurang.
  • Bawang Putih
Bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan alami yang cukup ampuh karena dalam bawang putih terkandung senyawa allicin yang ampuh untuk membunuh bakteri, caranya kunyah 1 siung bawang putih dalam keadaan mentah, lakukan rutin hingga tenggorokan sudah mulai terasa enakan.
  • Daun Kemangi
Daun kemangi bisa dijadikan salah satu cara pengobatan alternatif untuk radang tenggorokan, caranya rebus daun kemangi secukupnya dan saring, minum air hasil rebusan tadi atau bisa juga digunakan untuk berkumur, lakukan secara rutin hingga tenggorokan terasa mulai enakan.
  • Buah Belimbing
Buah Belimbing ternyata cukup ampuh bila digunakan sebagai obat sakit tenggorokan dikarenakan memiliki khasiat sebagai anti radang, gunakan 100 gram buah belimbing blender halus kemudian saring dan minum secara rutin.

Mengkonsumsi makanan atau buah-buahan yang sarat mengandung vitamin C juga bisa menjadi salah satu cara mengobati radang tenggorokan dengan bahan alami yang cukup ampuh.

Supaya anda terhindar dari sakit radang tenggorokan yang sangat mengganggu ini alangkah baiknya bila anda menjaga kesehatan dan kondisi tubuh agar selalu fit, salah satu caranya adalah cukup istirahat dan banyak mengkonsumsi air putih.

Semoga sedikit tips tentang cara mengobati radang tenggorokan dengan menggunakan metode obat tradisional alami untuk sakit tenggorokan ini bisa berguna bagi anda yang sedang menderita radang tengorokan, semoga bermanfaat dan lekas sembuh.