Jenis makanan yang menjadi Momok bagi penderita asam urat

Penderita asam urat akhir – akhir ini semakin banyak bertambah, ini semua di sebabkan karena gaya dan pola hidup masyarakat saat ini sangat tidak memperhatikan kesehatan bagi tubuh mereka sendiri. Pola makan yang salah dengan tidak memperhatikan kandungan gizi yang terdapat di dalam makanan tersebut dan bahkan mungkin diantaranya sebenarnya adalah jenis makanan yang jadi Pantangan bagi asam urat, nah dengan adanya pola makan yang salah tiap harinya tersebut berpotensi besar menyebabkan munculnya penyakit asam urat, biasanya penyakit asam urat ini menyerang kita pada saat usia lanjut.

Menurut keterangan dari Wikipedia penyakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan tubuh mengkonsumsi zat purin secara berlebihan sehingga produksi asam urat di dalam tubuh terlalu banyak yang mengakibatkan ginjal tidak mampu mengeluarkan Kristal asam urat tersebut yang akhirnya terjadi penumpukan Kristal asam urat tersebut di persendian. Hal inilah yang mengakibatkan rasa nyeri pada sendi hingga bengkak kemerahan dan terjadi radang pada persendian.

Zat purin adalah zat yang berasal dari mahkluk hidup, jadi apabila kita mengkonsumsi makanan dari mahkluk hidup maka zat purin yang terkandung di dalamnya berpindah ke tubuh kita, selain mahkluk hidup hewani pada tumbuhan sayuran dan buah-buahan juga terkandung zat ini, dan makanan yang mengandung banyak zat Purin inilah yang menjadi pantangan asam urat.

Gejala Asam Urat

gejala asam urat

Gejala asam urat yang timbul dan biasanya kita rasakan apabila kita terserang asam urat ialah seperti dibawah ini :
  • Sendi terasa sangat nyeri disertai dengan rasa kesemutan, terkadang hingga bengkak dengan berwarna kemerahan karena terjadinya peradangan pada sendi tersebut.
  • Intensitas terasa paling nyeri biasanya sewaktu bangun tidur atau saat malam hari, dan biasanya rasa nyeri yang ditimbulkan terasa berulang kali. Apabila penyakit asam urat tersebut sudah pada kondisi parah si penderita akan merasakan rasa nyeri yang hebat sewaktu bergerak.
  • Sendi yang biasanya diserang penyakit asam urat ini adalah sendi pada tumit, jari kaki, jari tangan, dengkul atau lutut, siku dan pergelangan tangan.
  • Dan biasanya para penderita asam urat juga menderita berbagai macam penyakit lain yang menyertainya, seperti memiliki kelainan ginjal, hipertensi, diabetes juga. Tapi pada beberapa kasus sering juga dijumpai penderita asam urat memiliki penyakit tersebut dikarenakan kondisi tubuh kegemukan atau obesitas.
Apabila anda menderita asam urat sebaiknya anda menjaga dan memperhatikan pola makan dan minum anda setiap harinya. Dan berikut ini adalah Makanan dan minuman yang jadi pantangan bagi asam urat.

pantangan-makanan-dan-minuman-bagi-penderita-asam-urat


Pantangan Makanan bagi penderita asam urat

  • Ekstrak dari daging seperti Abon dan dendeng.
  • Jeroan seperti limpa, babat, usus, ginjal, otak, hati dan paru.
  • Makanan dari laut (seafood) seperti : kerang, cumi-cumi, udang, sotong, remis, tiram, kepiting, ikan sarden, ikan teri dan ikan sarden.
  • Daging kambing, daging kuda, daging sapi, bebek, angsa dan kalkun.
  • Makanan yang dikalengkan seperti halnya sarden, kornet dan lain sebagainya.
  • Sayuran seperti kembang kol, asparagus, daun kangkung, daun bayam, daun pepaya, daun singkong, buncis, jamur kuping.
  • Kacang – kacangan : kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo dan termasuk juga hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai.
  • Buah-buahan seperti Durian, air kelapa dan nanas.
  • Kaldu atau kuah daging yang kental juga termasuk pantangan bagi asam urat.
  • Telur, keju, krim, atau olahan makanan yang dimasak menggunakan margarine atau mentega, dan yang terutama makanan yang mengandung banyak lemak dan protein adalah pantangan utama bagi penderita asam urat.
Pantangan Minuman bagi penderita asam urat :
  • Es krim, soft drink, minuman beralkohol dan minuman yang mengandung santan.
Demikianlah artikel dari berbagi-kiat yang mengulas tentang Jenis makanan yang jadi pantangan asam urat, semoga tulisan diatas bisa menjadi informasi yang berguna bagi rekan – rekan yang mengalami penyakit asam urat.

0 Response to "Jenis makanan yang menjadi Momok bagi penderita asam urat"

Post a Comment