cara mengobati sakit maag dengan obat alami

Apakah saat ini anda sedang mengalami gangguan penyakit maag pada perut anda? Tentu akan sangat tidak menyenangkan apabila kita mengalami gangguan tersebut, apalagi penyakit maag yang kita derita kambuh sewaktu kita sedang posisi dalam perjalanan atau pada saat waktu kita sedang berada ditempat kerja pasti sangat menyebalkan sekali, mungkin kalau kita sudah mempersiapkan stok obat maag untuk berjaga-jaga sewaktu maag kambuh bisa sedikit teredakan rasa sakitnya, tapi kalau tidak siap ya repot juga kalau pas maagnya kambuh, solusinya sih cari cara alternatif mengobati sakit maag sendiri.

Cara mengobati sakit maag selain dengan menggunakan obat-obatan kimia juga bisa dilakukan cara pengobatan penyakit maag menggunakan bahan obat alami yang tentunya aman tanpa ada efek samping, selain itu kelebihan pengobatan dengan obat alami adalah kita bisa mengobati sakit maag kita saat sedang kambuh tanpa perlu ke rumah sakit atau ke apotik untuk membeli obat alias pengobatan bisa dilakukan sendiri di rumah. Dan kelebihan kedua pengobatan maag dengan metode ini juga aman untuk di implementasikan kepada ibu yang sedang hamil.

Sebelum kita mengulas lebih dalam tentang cara mengobati maag dengan obat alami ada baiknya kita mengerti juga apa sih sebenarnya penyakit maag itu dan apa yang penyebab penyakit maag serta seperti apa gejala yang muncul apabila kita mengalami sakit maag.

cara mengobati penyakit maag dengan obat alami


Obat Maag alami yang aman juga dikonsumsi ibu hamil

Apa itu penyakit Maag?
Maag adalah gangguan kesehatan yang menyerang saluran pencernaan dalam perut kita yang tepatnya pada lambung kita, sakit maag terjadi karena adanya peradangan pada lambung kita hingga menyebabkan timbulnya rasa sakit pada perut seperti mual, mulas perih dan perut serasa kembung, sakit maag sendiri terdapat 2 jenis, maag akut dan maag kronis.

Penyebab maag.
Yang mengakibatkan seseorang terserang penyakit maag  seringkali adalah karena kebiasaan makan yang tidak teratur, akibat dari mengkonsumsi obat-obatan tertentu, pola tidur yang tidak teratur, stress, dan bisa juga dikarenakan mengkonsumsi alcohol.

Sakit maag juga bisa disebabkan karena sang penderita telat makan dan pada saat itu makan dengan porsi yang terlalu berlebih hingga mengakibatkan peradangan pada lambung. Jangan pernah remehkan sakit maag karena bisa mengakibatkan kematian bagi penderita apabila sudah mengalami sakit maag yang cukup parah.

Gejala maag.
  • Perut mual
  • mulas
  • Perut terasa nyeri dan perih pada area perut dan sekitaran dada
  • Terasa kembung
  • Besendawa terus menerus 
  • Sakit saat buang air
Penyakit maag bisa disembuhkan akan tetapi tidak bisa sembuh total karena pada dasarnya penyakit magh tersebut sangat mudah kambuh apabila sesorang menderita maag tidak makan dengan teratur, makan dengan porsi yang terlalu banyak dan juga mengkonsumsi makanan serta minuman yang bisa menyebabkan naiknya kadar asam lambung, dibawah ini adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang bisa mengakibatkan naiknya asam lambung yang menyebabkan kambuhnya penyakit maag, diantaranya :
  • Kopi, susu, sari buah sitrus, anggur putih, alcohol, minuman bersoda.
  • Cabai, cuka, merica atau makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam.
  • Makanan yang berlemak yang susah di cerna lambung seperti keju, coklat, gorengan dan kue tar.
  • Sawi, kol, nangka, kedondong, dsb.
Untuk pengobatan maag dengan obat-obatan medis biasanya si penderita akan diberikan antasida untuk penetralisir asam lambung, pompa proton, agen cytoprotektif, obat antri sekretorik untuk menekan sekresi asam, pankreatin untuk membantu pencernaan, ranitidine untuk mengobati tukak lambung, simetidin untuk mengobati dyspepsia.

Dan untuk pengobatan dengan menggunakan obat maag alami juga bisa menggunakan Lidah buaya, lidah buaya diketahui sangat bagus digunakan untuk obat alami maag karena mengandung resin, polisakarida, aloin emodin dan tanin. Serta zat Aloctin A yang bagus untuk menahan sekresi asam lambung, sayangnya metode pengobatan maag menggunakan lidah buaya ini tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil.

untuk cara mengobati sakit maag yang aman juga dikonsumsi oleh ibu hamil diantaranya seperti dibawah ini.

cara mengobati sakit maag yang aman untuk BuMil

Umbi yang memiliki banyak khasiat ini dipercaya bisa membantu menyembuhkan sakit maag caranya, gunakan 2 hingga 4 ruas kunyit kemudian cuci hingga bersih, parut kunyit tersebut dan kemudian peras, hasil perasan di tambahkan dengan air hangat, dan minum sari selagi hangat tiap pagi dan sore hingga rasa perih maag berkurang.
  • Cincau
Dipercaya bagus untuk mengatasi maag, gunakan beberapa lembar daun cincau segar yang sudah dicuci dengan bersih, tumbuk sampai halus tambah kan dengan air masak, peras dan saring tunggu hingga membeku menjadi seperti agar-agar, makan atau konsumsi dengan ditambahkan air gula atau syrup, makan secara rutin.
  • Kencur
Ambil 1 rimpang kencur yang sudah dicuci bersih kemudian kupas, kunyah dengan diberikan sedikit garam lalu kemudian gelontorkan dengan air hangat, lakukan cara tersebut 3 kali dalam sehari, metode dengan kencur ini juga bisa digunakan untuk mengobati batuk.
  • Kacang hijau
Kacang hijau juga bagus untuk mengobati sakit maag, kandungan dalam kacan ghijau bisa membantu menebalkan lapisan lambung dan juga membantu menetralkan kadar asam pada lambung yang berlebih. Caranya cukup dibuat bubur tapi tanpa santan, konsumsi bubur kacang hijau tersebut tiap pagi dan sore secara rutin.
  • Singkong ( ketela pohon )
Sari dari singkong atau tepung kanji ini bisa membantu mngobati dan mengatasi sakit maag, biasanya diolah menjadi bubur, konsumsi bubur sari pati singkong ini secara rutin 2 hingga 3 kali sehari.

Semoga beberapa cara tentang metode cara mengobati sakit maag dengan obat alami yang aman juga untuk digunakan ibu hamil saat mengalami sakit maag diatas bisa bermanfaat.