Menularkah penyakit herpes itu

Pernahkan anda mengalami gatal-gatal pada bagian badan anda dan pada bagian gatal tersebut terdapat bintik merah serasa panas seperti terbakar, badan serasa sedikit meriang, ngilu pada bagian persendian, terasa tidak nyaman, Bisa jadi saat itu anda sedang mengalami gejala penyakit herpes.

Rasa gatal disertai dengan sedikit panas dan muncul bintik merah serta membentuk sebuah baris atau garis, biasanya ciri-ciri tersebut merupakan gejala umum penyakit herpes. Penyakit menularkah herpes itu, apakah herpes bisa disembuhkan, apakah saat kita sedang menderita herpes boleh terkena air atau tidak, merupakan pertanyaan-pertanyaan yang sangat seringkali kita dengar dan mungkin juga anda tanyakan apabila anda atau kerabat terdekat anda sedang mengalami permasalahan kesehatan yang satu ini.

Penyakit Herpes itu apa?

Herpes merupakan sebuah penyakit yang menyerang kulit kita yang disebabkan oleh virus, penyakit herpes sendiri terbagi atas dua jenis yaitu herpes zoster dan herpes simplex ( herpes genital ).

menularkah-penyakit-herpes-itu
penyakit herpes zoster dan herpes genital

Herpes Zoster

Penyakit herpes yang disebabkan oleh virus varicella zoster, penyakit herpes jenis ini adalah sebuah penyakit yang merupakan kelanjutan dari penyakit cacar air, apabila seseorang sudah pernah mengalami cacar air maka virus varicella tersebut akan menetap pada pusat saraf posterior dalam tubuh kita dengan kondisi yang tidak aktif.

Dan pada saat kondisi kita sedang mengalami penurunan daya tahan tubuh dan penurunan kekebalan terhadap virus tersebut pada saat itulah virus akan bisa bangkit dan aktif menyerang kulit kita. Virus herpes zoster biasanya paling sering akan menyerang pada bagian kulit muka, dada, punggung, tangan, kaki dan penyakit herpes jenis ini tidak akan menyerang pada kulit bagian genital, Masa inkubasi penyakit herpes jenis ini biasanya sekitar 7 hingga 12 hari.

Penyakit herpes zoster biasanya cenderung akan menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, dan juga pada para penderita penyakit-penyakit yang mengakibatkan para penderitanya memiliki sistem daya kekebalan tubuh yang lemah seperti penderita aids, lupus dan leukemia.

Penyakit herpes jenis ini tidak akan menular ke orang lain, kecuali orang tersebut pada saat masa kecil belum pernah mengalami cacar air dan tidak diberi vaksinasi maka orang tersebut akan terkena cacar air.

Gejala herpes zoster

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit herpes zoster diantaranya adalah :
  • Kulit serasa panas dan terbakar
  • Badan terasa nyeri, dan terasa tidak nyaman
  • Kulit menjadi sensitif, biasanya dalam kurun waktu 2-7 hari
  • Muncul ruam atau bintik merah ( shingles ) pada kulit
  • Bintik merah akan membentuk sebuah pola seperti garis atau baris mengikuti jalur saraf
  • Setelah beberapa hari Bintik merah akan menyerupai lepuhan yang terdapat cairan didalamnya

Herpes Simplex

Herpes simplex termasuk penyakit herpes yang menular dan termasuk ke dalam jenis penyakit kelamin dikarenakan peng-infeksiannya menyerang bagian dari kelamin, dan penularan herpes terjadi melalui hubungan kelamin. Penyakit herpes simpleks disebabkan oleh virus Herpes Simplex ( HSV )

Gejala herpes simpleks

Gejala herpes genital ini sama dengan herpes zoster diantaranya :
  • Pada bagian yang terinfeksi untuk kasus ini pada area kelamin akan terasa panas dan terbakar sebelum muncul bintik-bintik herpes
  • Badan terasa meriang atau kurang enak badan atau demam
  • Nyeri pada sendi atau pada otot
  • Muncul bintik merah yang sama besar
  • Setelah beberapa hari kemudian bintik merah tersebut berubah menjadi benjolan yang berisi cairan seperti kulit melepuh
  • Apabila benjolan tersebut pecah luka infeksi akan melebar
  • Herpes simpleks apabila menyerang pada wanita akan sulit terdeteksi karena letaknya yang tersembunyi di dalam genital, sementara apabila yang diserang pria akan sangat mudah terdeteksi karena biasanya akan menyerang bagian batang penis, pada buah zakar dan daerah anus.

Pencegahan penyakit herpes

Pencegahan supaya kita tidak terjangkit penyakit herpes.
  • Pemberian vaksinasi.
  • Makan dengan menjaga kandungan asupan gizi yang seimbang
  • Jaga supaya kondisi badan tidak terlalu lelah, stres atau supaya kekebalan tubuh tidak terganggu
  • Jaga kebersihan tubuh
  • Istirahat yang cukup
Semoga sedikit informasi yang mengulas tentang penyakit herpes diatas bisa bermanfaat bagi anda dan memberikan anda pengetahuan tentang menularkah penyakit herpes itu, dan apabila anda mengalami infeksi herpes sebaiknya anda sesegera mungkin periksakan ke Dokter ahli kulit atau ke Dokter keluarga anda, dan ingat jangan pernah anda remehkan segala sesuatu tentang penyakit yang menyerang anda termasuk juga dengan penyakit herpes.