Khasiat daun pepaya untuk kesehatan

Khasiat daun pepaya untuk kesehatan tubuh kita ternyata sangat banyak loh, meski daun pepaya rasanya pahit akan tetapi banyak dari kita yang suka mengkonsumsi daun pepaya ini, karena dibalik rasa pahit yang dimiliki oleh daun pepaya terkandung banyak zat-zat yang berkhasiat dan sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Pohon pepaya pertumbuhannya sangat subur sekali di Negara kita ini, baik di daerah yang ber-udara panas ataupun sejuk, pohon pepaya ini akan sangat mudah sekali kita temui.

Seperti yang di tulis Wikipedia dalam Daun pepaya terdapat kandungan gizi yang cukup banyak, diantaranya ialah :
  • vitamin A
  • vitamin B1
  • vitamin C
  • kalori 
  • protein
  • lemak 
  • karbohidrat 
  • kalsium
  • Karpain
  • carposide ( zat yang bisa berfungsi sebagai obat cacing )
Daun pepaya juga mengandung zat yang menyebabkan daun tersebut terasa sangat pahit adalah zat papain, dalam daun pepaya terdapat kandungan zat papain yang cukup tinggi, zat tersebut  bersifat stomakik atau bisa meningkatkan nafsu makan.

Daun pepaya ini apabila kita mengolahnya dengan benar maka rasa pahit yang teramat sangat tersebut bisa sedikit berkurang, tapi bagi yang suka dengan sensasi rasa pahit justru dibiarkan begitu saja karena rasa pahit tersebut akan membangkitkan selera makan kita. biasanya daun pepaya diolah sebagai sayur seperti oseng daun pepaya, dan untuk yang suka makan dengan lalapan dan sambal biasanya daun ini cukup diolah dengan direbus saja untuk dimakan dengan sambal terasi dan lalapan lainnya.

manfaat daun pepaya bagi kesehatan

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan.

Nah kembali lagi ke bahasan mengenai khasiat daun pepaya untuk kesehatan tubuh kita, selain berkhasiat untuk menambah nafsu makan khasiat daun pepaya untuk kesehatan kita antara lain :
Caranya : ambil 1 lembar daun pepaya kemudian cuci sampai bersih, lalu rebus daun pepaya tersebut dengan menggunakan air sebanyak 1,5  liter ditambahkan dengan 50 gram akar alang-alang dan pulasari, setelah air rebusan mendidih saring kemudian minum air tersebut sehari sekali.
  • Mengobati Disentri.
Caranya : 2 lembar daun pepaya yang sudah di cuci dengan bersih ditambahkan dengan 1 sendok the kopi bubuk, setelah mendidih saring dan minum 1 gelas dalam sehari.
  • Membantu mengobati batu ginjal.
Caranya : gunakan beberapa lembar daun pepaya cuci bersih kemudian rebus hingga mendidih, kemudian saring dan minum air rebusan kemudian dilanjutkan dengan meminum air kelapa muda, hanya saja metode ini tidak dianjurkan bagi anda yang menderita hipertensi.
  • Mengurangi nyeri haid.
Daun pepaya juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri saat sedang menstruasi.
Caranya : tumbuk daun pepaya yang sudah dicuci 1 lembar ditambahkan dengan buah asam jawa yang sudah masak dan sedikit garam hingga hancur, kemudian tambahkan dengan air matang hangat, campur, peras dan saring, kemudian minum saat nyeri haid datang menyerang.
  • Mengobati cacingan.
Daun pepaya mengandung zat carposide yang bisa digunakan untuk membasmi cacing di dalam perut kita.
Caranya : rebus daun pepaya dengan 2 gelas air ditambahkan dengan adas pulowaras hingga mendidih, saring air tersebut kemudian minum setiap malam sebelum tidur hingga penderita sembuh dari serangan cacingan.
  • Membantu melancarkan BAB ( buang air besar ).
Daun pepaya mengandung senyawa karpain yang dapat membantu membunuh mikroorganisme  parasit yang terdapat dalam saluran pencernaan kita, sehingga saluran pencernaan kita terjaga dari gangguan yang dapat mengakibatkan sembelit dan diare.
  • Mengobati masuk angin.
Caranya : rebus daun pepaya kedalam air yang ditambahkan dengan jinten, batang serai / sereh , jahe, daun sembung dan gula jawa hingga mendidih, setelah mendidih saring dan minum selagi hangat.
batang sereh
batang sereh

  • Mencegah diabetes.
Dalam daun pepaya  mengandung  senyawa yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah kita supaya tetap stabil, mengkonsumsi daun pepaya sangat dianjurkan bagi para penderita diabetes, selain mengkonsumsi daun pepaya secara teratur penderita diabetes juga diharuskan menjaga pola makannya supaya  seimbang.
  • Mengobati jerawat.
Daun pepaya merupakan obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi jerawat pada wajah kita, penggunaan daun pepaya sebagai obat jerawat biasanya dengan cara mengkonsumsi daun pepaya secara teratur, dikarenakan dengan kita mengkonsumsi daun pepaya darah kotor yang terdapat dalam tubuh kita bisa dibersihkan oleh zat yang terkandung dalam daun pepaya.

Selain itu biasanya daun pepaya digunakan sebagai masker, dan caranya pun cukup mudah hanya dengan menghaluskan daun pepaya yang sudah dicuci bersih kemudian gunakan sebagai masker diamkan kurang lebih selama 30 menit dan bilas muka dengan air bersih, lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari, selain untuk mengobati jerawat cara tersebut juga bisa di gunakan untuk menghilangkan noda hitam atau flex hitam pada wajah akibat dari bekas jerawat.

Nah..selain untuk mengatasi dan mengobati permasalahan gangguan kesehatan diatas khasiat daun pepaya masih ada lagi, antara lain untuk membantu memperkuat tulang dan gigi, membantu melancarkan ASI bagi ibu yang habis melahirkan, untuk mencegah terserang penyakit demam berdarah dan masih banyak lagi mengenai khasiat daun pepaya.

Ternyata banyak sekali bukan manfaat daun pepaya untuk kesehatan kita? Silahkan anda mencoba untuk mengkonsumsi Daun pepaya yang kaya akan manfaat ini, dan semoga artikel mengenai khasiat Daun pepaya ini bisa bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Khasiat daun pepaya untuk kesehatan"

Post a Comment