manfaat kunyit untuk mengobati penyakit

Manfaat kunyit ternyata sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh kita, pada umumnya orang-orang mengenal kunyit hanya sebagai bumbu masakan atau sebagai jamu tradisional kunyit asam yang berfungsi sebagai obat melancarkan haid, membantu menghilangkan bau tak sedap dan membantu mengobati keputihan, dan pada kenyataannya masih banyak lagi fungsi dan khasiat dari kunyit ini, seperti halnya manfaat kunyit untuk mengobati penyakit.

Sebelum mengulas lebih jauh lagi tentang manfaat kunyit untuk kesehatan dan pengobatan akan kita ulas sedikit informasi tentang kunyit ini, kunyit merupakan tanaman rempah-rampah yang asli berasal dari wilayah Asia Tenggara, kunyit termasuk dalam suku jahe-jahean dan Zingiberaceae.

Kandungan kunyit yang berkhasiat sebagai obat-obatan adalah senyawa kurkuminoid, Kurkuminoid sendiri merupakan gabungan dari berbagai macam senyawa seperti bisdesmetoksikurkumin, desmetoksikumin dan zat lainya seperti minyak atsiri yang memiliki banyak kandungan Fosfor, zat besi juga kalsium.

Kandungan khasiat yang terdapat pada kunyit tersebut tidak kalah dengan obat-obatan yang di jual di apotik, kunyit sangat bermanfaat dan sangat ampuh bila digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit serta mengatasi masalah kesehatan dan beberapa diantaranya nanti akan kita ulas mengenai apa saja penyakit dan masalah kesehatan yang bisa diobati menggunakan kunyit.

Selain digunakan sebagai obat alternatif dalam mengatasi masalah kesehatan, kunyit akhir-akhir ini marak digunakan sebagai bahan baku untuk berbagai macam jenis produk-produk kecantikan dan kosmetik, hal itu dikarenakan kandungan pada kunyit sangat bagus untuk perawatan kecantikan seperti halnya menghilangkan fleks noda hitam akibat jerawat pada wajah dan juga untuk menghaluskan kulit.

manfaat kunyit untuk mengobati penyakit
kunyit dan ramuan jus kunyit

Manfaat kunyit untuk obat herbal berbagai macam penyakit

Kandungan Antioksidan serta fitonutrien yang ada pada kunyit sangat bagus untuk meningkatkan serta menjaga kondisi kesehatan pada tubuh kita, Kandungan kurkumin pada kunyit berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan mencegah tubuh kita dari serangan berbagai macam penyakit. Dibawah ini adalah manfaat kunyit bagi kesehatan kita.
  • sebagai antiseptik alami.
  • sebagai anti-kanker.
  • membantu tubuh membuang racun-racun yang masuk kedalam tubuh.
  • membantu mencegah leukimia.
  • Membantu menurunkan berat badan tubuh, cocok untuk digunakan dalam menu diet.
  • Kandungan Antioksidan tinggi yang dapat membantu peremajaan kulit dan memperlambat proses penuaan.
  • Kunyit dapat digunakan untuk menghaluskan kulit dan melembabkan kulit.
  • Kunyit bisa digunakan untuk mengatasi dan mencerahkan noda hitam yang diakibatkan oleh bekas jerawat atau bekas luk bakar.
  • melindungi dan mengatasi kulit dari gangguan kulit seperti eksim dan lain sebagainya.
  • mampu mencegah dan melindungi luka dari infeksi.
  • Mengatasi berbagai masalah terkait penyimpangan fungsi ginjal.
  • Mengobati flu pilek dan demam.
  • Membantu menghambat sel tumor payudara.
  • Mengatasi keputihan dengan cara 2 rimpang atau batang kunyit ditambah satu genggam daun beluntas, satu buah asem, sepotong gula jawa / gula aren, rebus semua bahan dengan satu liter air hingga tersisa 1 gelas, kemudian saring dan minum sewaktu hangat, minum satu gelas tiap hari.
  • Mengobati rematik.
  • mengatasi permasalah pada usus seperti diare, tifus.
  • Meredakan Perut mulas saat haid.
  • Membantu memperlancar ASI dengan cara menggunakan kunyit yang sudah dihaluskan dan dibalurkan pada payudara.
  • mengatasi Diabetes melitus.
  • mengobati Usus Buntu.
  • mengatasi Berak disertai Lendir dan lain sebagainya.
Metode pengobatan dengan kunyit ini ada dua jenis, untuk pengobatan dalam atau pengobatan luar, untuk pengobatan dalam kunyit cukup dijadikan ramuan seperti layaknya jamu tradisional, untuk metode pengobatan luar dengan kunyit cukup dengan cara diparut atau dihancurkan dan digunakan untuk baluran atau dibuat seperti salep dan dibalurkan pada bagian tubuh yang bermasalah.
Untuk penggunaan metode pengobatan dalam caranya cukup mudah, kunyit dibuat menjadi ramuan jus atau jamu dan diminum secara rutin selama 2 minggu sebanyak 1 gelas tiap harinya.

Cara membuat ramuan jus kunyit

Segenggam kunyit kupas dan cuci bersih, kemudian parut atau blender hingga halus ditambahkan dengan air secukupnya dan rebus hingga mendidih lalu saring. Tambahkan dengan sejumput garam dan perasan jeruk nipis secukupnya, tambahkan sedikit gula atau madu untuk pemanis, minum selagi hangat. Ingat konsumsi ramuan ini selama 2 minggu berturut-turut dan 1 gelas tiap harinya.

Bagaimana, ternyata banyak sekali bukan manfaat kunyit untuk kesehatan dan pengobatan herbal mengatasi penyakit, lebih baik kita mengkonsumsi jus kunyit ini apabila mengalami masalah kesehatan yang terdapat diatas daripada menggunakan obat-obatan kimia yang memiliki efek negatif pada tubuh kita.

Semoga sedikit ulasan tentang manfaat kunyit untuk mengobati penyakit yang sudah Berbagi-kiat rangkum dari berbagai nara sumber ini bisa membantu dan bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang memiliki masalah kesehatan yang terdapat pada ulasan diatas, semoga bermanfaat.

0 Response to "manfaat kunyit untuk mengobati penyakit"

Post a Comment