kepala migraine gejala serta obat yang digunakan

Kepala migren atau migraine adalah salah satu jenis sakit kepala pada salah satu sebelah sisi kepala kita dikarenakan adanya gangguan pada pembuluh darah, seringnya muncul secara tiba - tiba dan pastinya lumayan sangat mengganggu apabila saat kita diserang rasa sakit kepala ini pada saat ditengah - tengah jam kerja kita. Tapi terkadang sakit kepala migren sering terjadi juga pada kedua sisi kepala.

Migren adalah sakit kepala yang muncul akibat terjadinya suatu kombinasi pelebaran pembuluh darah ( Vasodilatasi ) dan dilepaskannya suatu zat kimia dari serat sarat yang menyelimuti pembuluh darah tersebut.

gambar-sakit-kepala-migren

Gejala sakit kepala migren

Gejala  kepala migren yang timbul dan akan kita rasakan sewaktu kita terserang sakit kepala migren ini biasanya adalah rasa sakit kepala yang berdenyut - denyut seperti serasa dipukuli, dan biasayanya atau seringnya menyerang salah satu sisi bagian dari kepala kita dan bisa jadi sisi yang terserang rasa sakit migren ini berubah - ubah, dan apabila yang terserang migren ini selalu sisi yang sama harap diwaspadai dan lekas-lekaslah di periksakan ditakutkannya ada kemungkinan lain bahwa itu bukan sakit kepala migren melainkan ada permasalahan yang lain pada otak seperti tumor otak misalnya.

Selain itu gejala kepala migren ini biasanya juga disertai dengan rasa mual ingin muntah, diare, wajah terlihat lebih pucat, kaki dan tangan serasa dingin, dan penderita biasanya lebih sensitif terhadap bau, suara dan cahaya.

Bagi anda yang sering mengalami sakit kepala migren ini pasti sering bertanya "bagaimana cara mengobati kepala migren?" apabila sakit kepala migren anda sedang kambuh.

Untuk anda yang mungkin lebih suka dengan mengobati migren dengan menggunakan obat-obat apotik bisa menggunakan obat penghilang nyeri atau jenis analgesik, obat tersebut banyak dijual di apotik dan warung - warung kebanyakan. Obat jenis ini cukup bisa membantu mengurangi rasa sakit dan meredakan migren.

Obat jenis analgesik yang biasa dan sering digunakan untuk meredakan sakit kepala migren ini terdapat dua jenis, yang pertama jenis Acetaminophen ( paracetamol ) dan jenis NSAID ( Non steroidal Anti inflammatory Drugs ) yang terbagi lagi menjadi dua jenis, Aspirin dan Non-Aspirin.

Obat jenis Non Aspirin contohnya adalah Ibuprofen dan Naproxen, serta masih ada beberapa jenis lagi dari golongan NSAID ini yang bisa kita peroleh menggunakan resep dari dokter. Selain untuk pengobatan Migren obat ini juga bisa dipakai untuk mengobati radang sendi dan radang tendon.

Dan untuk pemakaian ini sebaiknya ikuti anjuran aturan pemakaian yang sudah disertakan pada kemasan, atau setidaknya tanyakan kepada dokter yang bersangkutan sewaktu memberikan obat migren ini.

Beberapa hal yang harus di perhatikan apabila mengkonsumsi obat jenis analgesik ialah :
  • Jangan gunakan obat jenis ini apabila anda menderita gangguan keseimbangan atau memliki gangguan pada telinga anda, dikarenakan aspirin bisa memperburuk keadaan gangguan anda.
  • Jangan gunakan obat jenis NSAID ini apabila anda memiliki gangguan lambung atau sakit maagh, karena akan memperparah keadaan gangguan anda.
  • Jangan mengkonsumsi obat jenis ini apabila anda memiliki penyakit hati, dikarenakan jika anda mengkonsumsi obat NSAID ini bisa mengganggu fungsi ginjal, sehinga jika ginjal terganggu maka akan menambah kerusakan hati. 
  • Apabila digunakan untuk mengobati sakit kepala pada anak dan remaja, sebaiknya hindari pemberian aspirin sebab ditakutkan bisa terjadi Sindroma Reye, suatu kelainan neurologis berupa kesadaran menurun yang dapat menyebabkan kematian. 
Nah semoga artikel singkat tentang sakit kepala migren, gejala migren dan cara mengobatinya yang sudah kita rangkum dari berbagai sumber ini bisa sedikit membantu anda yang saat ini sedang mengalami sakit kepala migren yang cukup mengganggu aktifitas kerja anda.

Baca juga artikel tentang Cara mengobati migren dengan pengobatan alami.
(berbagi-kiat)

0 Response to "kepala migraine gejala serta obat yang digunakan"

Post a Comment