Kandungan buah jambu biji merah

khasiat buah jambu biji  ~ Sedikit sejarah dari jambu biji, menurut wikipedia buah jambu biji merah yang memiliki nama latin Psidium guajava adalah tanaman tropis yang sebenarnya berasal dari Negara Brasil, dan masuk ke Indonesia melalui Negara Thailand, buah yang berwarna hijau berdaging buah putih dan ada juga yang merah ini sebenarnya mengandung vitamin C yang lebih banyak daripada buah jeruk dan buah Kiwi yang notabene lebih dikenal masyarakat memiliki kandungan vitamin C tinggi.

Selain buahnya enak dimakan secara biasa, buah jambu biji ini juga biasanya sering disajikan dalam bentuk minuman juice, biasanya menggunakan jambu biji warna merah karena aroma dan rasanya yang memang harum dan enak.

Buah jambu biji ini selain enak untuk dikonsumsi ternyata juga banyak memiki khasiat dan manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan kita karena banyaknya kandungan gizi dan vitamin yang terkadung di dalamnya, berikut beberapa kandungan yang bagus untuk tubuh kita yang ada di buah jambu biji.

kandungan gizi yang terdapat dalam buah jambu biji per 100 gram diantaranya adalah :
  • Vitamin C 87 mg
  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Serat 5,6 g
  • Energi 49 kal
  • Karbohidrat 12,2 g
  • Zat Besi 1,1 mg
  • Kalsium 14 mg
  • Air 86 g
Dan berikut ini beberapa khasiat manfaat buah jambu biji  :

khasiat manfaat buah jambu biji

khasiat  buah jambu biji merah

  • Menyembuhkan Infeksi
Dikarenakan banyaknya kandungan Vitamin C yang tinggi menjadikan buah ini cukup bagus untuk dikonsumsi saat kita sedang mengalami sakit flu dan radang tenggorokan / infeksi tenggorokan, dikarenakan vitamin C tersebut akan mempercepat penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • membantu dalam Mencegah Kanker
Vitamin C yang tinggi dan kandungan senyawa flavonoid membuat jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat yang mampu menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker. Dan  kandungan Vitamin C yang cukup dalam darah kita juga sangat membantu kinerja selenium untuk menghambat sel kanker berkebang, terutama kanker paru-paru, payudara, prostat, dan usus besar. Dan kandungan senyawa Likopen yang ada di dalam buah jambu biji merah juga mampu mebantu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.
  • Membantu Mengatasi Penyakit Jantung Koroner


Kandungan kalium yang ada pada buah jambu biji membantu menjaga detak jatung menjadi lebih teratur. Pada buah jambu biji juga mengandung beberapa zat lain seperti asam korbigen, asam linoleat, asam elegat dan terdapat juga kandungan serat yang dapat mengikat lemak dan mencegah terbentuknya plak yang dapat mengakibatkan terjadinya jantung koroner.
  • Mengatasi Diabetes
Kandungan serat pektinnya sangat membantu menurunkan kadar glukosa pada darah sehingga sangat bagus apabila dikonsumsi secara teratur oleh para penderita diabetes.
  • Membantu menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Buah jambu biji ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, ini dikarenakan kadar kaliumnya, juga seratnya yang bisa mengikat lemak.

Selain itu khasiat manfaat buah jambu biji untuk kesehatan lainnya adalah :
  • Sebagai obat mencret / diare
Buah jambu biji ini dari dulu sudah dikenal sebagai obat mencret tradisional dan alami yang paling manjur, bahkan dari ekstrak daunnya pun jadi bahan utama untuk obat mencret yang diproduksi dan dijual di apotik-apotik.

Cara pengobatan mencret menggunakan buah jambu biji juga cukup mudah, makanlah buah jambu biji yang setengah masak lebih dianjurkan lagi yang masih mentah, makan 3 – 6 buah jambu biji rutin saat mengalami mencret hingga feses yang keluar sudah tidak cair lagi, bisa ditambahkan dengan sedikit garam supaya tidak terlalu sepat rasanya.

Selain buahnya yang digunakan untuk pengobatan, daun buah jambu biji ini juga banyak khasiat manfaatnya untuk pengobatan, seperti mengobati masuk angin, bisa dijadikan obat maag dan obat sariawan. Dan bahkan daun buah jambu biji ini bisa membantu menaikkan kadar trombosit pada pasien penderita demam berdarah. Dan untuk buah jambu biji merah yang di berikan berupa “jus” kepada pasien penderita Demam berdarah sebenarnya lebih digunakan sebagai suplai cairan yang banyak hilang akibat turunnya kadar trombosit pada penderita demam berdarah.

Nah begitu banyak bukan khasiat buah jambu biji merah untuk kesehatan kita? dan semoga sedikit informasi yang sudah berbagi-kiat rangkum dari berbagai narasumber tentang buah jambu biji ini bisa sedikit memberikan informasi kepada rekan-rekan semua. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kandungan buah jambu biji merah"

Post a Comment