Penyakit Tuberkulosis Paru

Penyakit Tuberkulosis Paru ~ Tuberkulosis Paru / TBC adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang mudah menular dan disebabkan oleh bakteri yang disebut Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini biasanya lebih sering menyerang dan menginfeksi paru-paru, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa menyerang dan menginfeksi organ tubuh lainnya.

Penyakit Tuberkulosis Paru / TBC ini sangat mengkhawatirkan dikarenakan penyebaran penyakit tuberculosis ini melalui udara, apabila si penderita infeksi tuberkulosis Paru aktif ini bersin, batuk atau menyebarkan butiran ludah ke udara virus bakteri tuberculosis akan terbawa serta. Penyakit Tuberculosis Paru ini apabila tidak cepat-cepat ditangani bisa menyebabkan kematian bagi si penderita.

Penyakit Tuberkulosis Paru


Penyakit Tuberkulosis Paru

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tuberkulosis paru ini biasanya si penderita akan mengalami demam yang berkepanjangan, munculnya perasaan tidak enak, lemas, berkeringat pada waktu malam hari dan penurunan berat badan yang cukup drastis. Dan Gejala yang paling umum terjadi penderita biasanya akan mengalami batuk kronis yang berkepanjangan / lebih dari 3 minggu lamanya dan tidak kunjung sembuh, dan batuk tersebut disertai dengan dahak atau bercak darah.

Pencegahan yang bisa kita lakukan supaya tidak terkena infeksi penyakit Tuberkulosis Paru / TBC adalah sebagai berikut :
  • Sebaiknya sebisa mungkin kita menghindari kontak dengan penderita penyakit TBC aktif.
  • Menjaga kesehatan tubuh kita dengan baik, dengan banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, serta menjaga kebersihan lingkugan rumah kita dan rajin berolahraga.
  • Rutin melakukan Pemberian vaksin BCG pada balita / anak-anak supaya tidak terkena infeksi penyakit tuberkulosis Paru (TBC).
Dan untuk pengobatan yang efektif untuk si penderita apabila sudah terinfeksi penyakit Tuberculosis Paru ini sendiri lumayan cukup sulit, dikarenakan struktur dan komposisi kimia dinding sel mikrobakteri yang tidak biasa.

Pengobatan biasanya dilakukan dengan obat antibiotik guna membunuh bakteri yang menginfeksi Paru kita, adapun jenis antibiotik yang digunakan adalah rifampicin, isoniazid, pyrazinamide dan ethambutol, lama pengobatan biasanya  memakan waktu yang cukup panjang hingga 6 bulan lamanya. Dan apabila nanti penyakit tuberculosis paru ini kambuh lagi pengobatan biasanya dilakukan selama 8 – 24 bulan.

Selain cara pengobatan diatas untuk pengobatan penyakit tuberculosis Paru ini bisa juga menggunakan cara pengobatan herbal alami, seperti dengan menggunakan daun sirsak dan kulit manggis, bisa juga menggunakan rimpang jahe dengan kombinasi buah mengkudu yang di olah menjadi ramuan tradisional. 

Cara pengobatan tubekulosis paru (TBC) menggunakan bahan-bahan alami ini bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan untuk penderita tuberkulosis paru. Dan bisa juga digunakan sebagai pendamping pengobatan secara kimia, dikarenakan pengobatan tuberkulosis paru (TBC) menggunakan bahan alami ini lebih aman dari efek samping, dan untuk pengobatan tuberkulosis paru menggunakan bahan alami ini akan kita bahas nanti pada postingan yang selanjutnya.

Semoga sedikit informasi tentang penyakit tuberkulosis Paru (TBC) yang berbagi-kiat rangkum dari berbagai nara sumber dan salah satunya dari Wikipedia ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan informasi kepada anda yang sedang mencari info tentang penyakit tuberkulosis Paru (TBC). 

0 Response to "Penyakit Tuberkulosis Paru"

Post a Comment