Bakteri penyebab penyakit diare dan cara pencegahan diare

Apakah saat ini anda sedang terserang penyakit diare? Pasti sangat tidak menyenangkan sekali saat anda mengalami masalah gangguan kesehatan yang satu ini, perut terasa mulas dan melilit musti ke kamar mandi bolak balik juga, apalagi kalau saat kita terserang diare sedang berada di tempat kerja, aduh pasti akan repot banget harus ke kamar mandi bolak balik pengennya, kerja juga jadi terganggu dan nggak fokus juga akhirnya, kalau sudah begini harus cepat-cepat minum obat untuk mengobati diarenya nih.

Bakteri penyebab penyakit diare dan cara pencegahan diare

bakteri penyebab diare dan cara mencegah diare

Penyakit diare atau mencret

Penyakit diare atau biasa juga disebut mencret oleh masyarakat kita adalah gangguan saluran pencernaan dengan kondisi dimana saat feses ( tinja ) yang keluar dari perut kita berupa cairan ( lembek ) dan volume terjadinya pembuangan kotoran berulang-ulang atau sangat sering dan dalam waktu yang singkat, berbeda dengan kondisi kalau kita sedang normal atau tidak terserang diare mungkin untuk buang kotoran bisa sehari sekali saja.

Mungkin kalau anda sedang mengalami penyakit diare saat masih stadium ringan bisa saja tidak terlalu mengganggu aktifitas keseharian anda paling hanya akan menyita waktu anda untuk bolak balik kekamar mandi, tapi jangan sekali-sekali anda remehkan jika anda terkena penyakit diare, karena banyak kasus penderita diare atau mencret meninggal dunia, hal ini disebabkan si penderita penyakit diare mengalami dehidrasi ( kekurangan cairan pada tubuh ) pada saat mencret-mencret dan akan mengakibatkan kondisi penderita diare sangat lemah yang akhirnya bisa menyebabkan kematian.

Penyebab penyakit diare

Penyebab kita terjangkit penyakit diare atau mencret ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus dan parasit yang masuk ke dalam saluran pencernaan kita dan menginfeksi saluran pencernaan kita hingga kita terkena penyakit diare, bakteri penyebab diare yang umum ditemui dalam berbagai kasus penyakit diare di berbagai belahan dunia adalah bakteri Salmonella, Shigella, E. Coli dan Campylobacter.

Penyebab diare selain dikarenakan oleh serangan bakteri bisa juga disebabkan oleh makanan yang kita makan, bisa dikarenakan makanan tersebut terlalu pedas, terlalu asam dan bersantan apabila kita mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dengan secara berlebihan hingga menyebabkan usus dalam perut kita menjadi kaget sehingga mengakibatkan kita terkena diare. Akibat adanya alergi, akibat mengkonsumsi buahan-buahan tertentu, dan kelebihan vitamin C juga bisa menyebabkan kita terkena diare.

Kondisi mencret saat kita terkena penyakit diare sebenarnya adalah merupakan sebuah proses alami dari tubuh kita untuk mengeluarkan racun yang terdapat dalam perut kita yang diakibatkan oleh infeksi virus dan racun bakteri.

Gejala Penyakit Diare

Gejala yang dirasakan sewaktu kita sedang terjangkit penyakit diare adalah rasa mulas pada perut yang berkepanjangan, buang air secara terus menerus, perut terasa perih melilit terkadang perut terasa mual dan ingin muntah, pada kondisi tertentu penderita diare juga akan merasakan punggung seringkali terasa pegal, perut sering berbunyi seperti saat asam lambung naik dan sebah serta badan terasa lemas karena kekurangan cairan.

Untuk perawatan apabila kita sedang terjangkit diare dan mengalami mencret-mencret sang pasien diharuskan mengkonsumsi air putih yang banyak guna untuk menggantikan cairan yang hilang saat mencret dan juga ditambahkan dengan mengkonsumsi banyak nutrisi, Oralit dan tablet zinc adalah merupakan pengobatan yang utama untuk penyakit diare dan menurut info Wikipedia pengobatan tersebut telah menyelamatkan lebih dari 50 juta jiwa anak-anak penderita diare di dunia dalam kurun 25 tahun terakhir ini.

Pencegahan penyakit Diare

Cara mencegah supaya kita tidak terjangkit diare bisa kita lakukan dengan cara seperti berikut :
Mencegah diare dengan cara selalu menjaga kondisi kebersihan tangan, selalu menjaga kebersihan tangan sangat wajib kita lakukan karena tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering melakukan kontak dengan berbagai macam benda lain, cuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum makan itu sangat diharuskan mengingat makanan yang masuk ke mulut dan ketubuh kita akan sangat rentan tejangkit bakteri dan virus apabila tangan kita tidak bersih.

Pencegahan penyakit diare dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dari kotoran hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya bakteri dan virus disekitar kita.

Minum air yang bersih dan sudah direbus hingga mendidih terlebih dahulu supaya tidak ada bakteri dan virus yang masih hidup di air yang kita minum, kurangi makanan yang terlalu asam dan terlalu pedas karena bisa mengakibatkan radang dan luka pada usus kita, juga merupakan cara mencegah penyakit diare menyerang kita.

Semoga sedikit info yang mengulas tentang bakteri penyebab penyakit diare dan cara pencegahan diare yang sudah berbagi-kiat rangkum dari berbagai sumber artikel kesehatan dan salah satu sumbernya dari Wikipedia ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai penyebab penyakit diare, cara mencegah penyakit diare tersebut dan bagaimana cara mengobati diare.

Baca juga artikel mengenai cara mengobati mencret dengan obat alami

Apabila ulasan mengenai penyebab penyakit diare ini bermanfaat silahkan anda bagikan informasi tersebut dan mohon maaf apabila masih banyak terdapat kekurangan informasi dalam penulisan.