Penyebab rambut beruban dan cara mengatasinya

Apakah anda mengalami masalah dengan rambut beruban terlebih lagi saat ini anda masih pada usia muda? Pasti akan sangat tidak menyenangkan dan akan sangat mengganggu sekali bagi penampilan dan pergaulan sosial anda sehari-hari karena terus terang saja permasalahan rambut beruban di usia muda pasti akan sangat mengurangi rasa percaya diri bagi yang mengalami tumbuhnya uban pada rambut anda di usia muda dan hal tersebut sangat bisa menjadikan anda terkena krisis PeDe.

Bagi tiap orang rambut adalah sebuah mahkota yang sangat penting peranannya dalam menunjang penampilan dan keinginan tiap orang pastilah memiliki rambut yang sehat terawat hitam berkilau dengan indah, tidak rontok dan beruban. Apabila kita mengalami rambut rontok atau beruban di usia muda pastilah akan sangat mengurangi rasa percaya diri karena kita akan berdendapat hal tersebut akan mengurangi ketampanan atau kecantikan kita.

Cara mengatasi rambut beruban pada usia muda

Penyebab rambut beruban dan Cara mengatasinya

Akhir-akhir ini masyarakat kita sudah mulai sangat peduli dengan penampilan dan kesehatan rambutnya, bahkan mereka akan dengan sukarela mengeluarkan uang banyak untuk perawatan kesehatan rambut mereka, hal ini mereka lakukan supaya memiliki penampilan yang bagus dan juga mencegah kerusakan rambut supaya tidak rontok dan beruban.

Mungkin saja yang mengalami masalah mengenai rambut beruban di usia muda bukan anda tapi adik, anak anda atau pacar anda dan saat ini anda sedang berusaha mencoba membantu seseorang yang anda sayangi tersebut dengan mencari cara menghilangkan uban di rambut mereka.

Sebelum anda membaca cara mengatasi rambut beruban yang akan kita ulas sebaiknya anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab rambut beruban.

Penyebab rambut beruban

Dibawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan munculnya uban pada rambut anda, antara lain :
  • Faktor keturunan

Salah satu faktor yang paling sering akan kita temui apabila seseorang mengalami uban di rambut saat usia mereka masih muda biasanya Karena faktor keturunan, jika salah satu dari kedua orang tua anda juga mengalami muncul uban di rambut saat muda berarti hal yang menimpa rambut anda beruban adalah dari faktor keturunan.

  • Merokok

Merokok juga merupakan penyebab rambut beruban dan rambut rontok, karena kandungan kimia yang terdapat dalam rokok bisa mengganggu kesehatan tubuh kita dan mengganggu kesehatan akar rambut kita.

  • Faktor usia

Faktor utama yang menyebabkan uban di rambut adalah faktor usia, hal tersebut terjadi karena penurunan kondisi tubuh dalam memproduksi pigmen rambut, hal tersebut tak bisa dihindari.

  • Pola gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak sehat juga bisa menyebabkan uban muncul di rambut kita, contoh lainya seperti penggunaan obat rambut atau shampo rambut yang salah, jadi sebaiknya sebelum anda menggunakan obat untuk rambut beruban anda alangkah baiknya anda konsultasikan kepada para ahli rambut dahulu.

  • Stres

Tingkat stres yang tinggi pada seseorang akan bisa memicu dan menyebabkan tumbuh uban pada rambut anda meski anda masih berusia muda sekalipun, karena pada saat seseorang mengalami stres otak akan bekerja sangat keras dan akan mengganggu kesehatan dan metabolisme tubuh, jadi sebaiknya seberat apapun masalah anda sebisa mungkin anda hindari berpikir terlalu keras, relaksasi dan refreshing akan sangat membantu.

Cara menghilangkan uban di rambut dengan bahan alami

Setelah mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya uban pada rambut kali ini akan kita ulas mengenai cara menghilangkan rambut beruban dengan bahan alami yang mudah kita lakukan sendiri di rumah tanpa harus keluar biaya banyak, dan hal tersebut juga bisa kita gunakan untuk merawat rambut kita supaya sehat dan tidak rontok serta mencegah muncul uban.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat bagus untuk merawat rambut kita, caranya oleskan minyak kelapa pada rambut dan beri sedikit air jeruk, pijat perlahan dan oleskan hingga rata, diamkan kuran glebih 10 sampai 15 menit kemudian bilas hingga bersih, lakukan rutin.

  • Daun teh

Seduh dengan air panas kemudian saring, campur 1 sendok teh garam pada ampas daun teh balurkan pada uban di rambut anda, diamkan kurang lebih 1 jam kemudian bilas rambut hingga bersih, lakukan rutin tiap hari.

  • Minyak kemiri

Sangrai kemiri dan tumbuk hingga keluar minyaknya, lulurkan pada rambut beruban anda diamkan kurang lebih selama 15 menit, kemudian cuci hingga bersih, lakukan rutin.

  • Jus labu

Jus labu selain bisa digunakan untuk mencegah rambut supaya tidak beruban juga bisa digunakan untuk perawatan supaya rambut lebih sehat dan kuat, caranya campurkan minyak zaitun atau minyak wijen kedalam jus labu dan balurkan ke rambut secara rutin.

Selain dengan menggunakan cara diatas sebaiknya anda juga melakukan beberapa hal yang bisa mengatasi dan mencegah uban di rambut anda semakin banyak, seperti contohnya :

  • Refreshing / mengurangi tingkat stres
  • Pola makan yang sehat dengan asupan gizi serta sayuran yang hijau dan kaya nutrisi untuk kesehatan rambut
  • Tidur yang cukup juga membantu mengurangi tingkat stres anda selain itu bisa mengurangi dan mencegah rambut beruban anda

Semoga sedikit tips cara mengatasi rambut beruban pada usia muda dengan pengobatan alami dimana bisa anda coba praktikkan sendiri dirumah yang sudah berbagi-kiat rangkum dari berbagai sumber dan dituangkan dalam tulisan Penyebab rambut beruban dan cara mengatasinya ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah mengenai rambut beruban.