Cara membersihkan karang gigi secara alami

Gigi adalah salah satu bagian dari tubuh kita yang sangat berharga dan harus benar-benar kita jaga selain dikarenakan sangat penting sekali peranannya dalam keseharian kita, gigi juga sangat penting peranannya dalam membantu menunjang penampilan kita dalam beraktifitas sehari-hari, maka dari itu gigi harus senantiasa kita jaga kebersihannya dan kesehatannya.

Apabila kita tidak merawat dan menjaga kesehatan gigi kita dengan baik maka akan banyak timbul masalah kesehatan yang akan mengganggu dan merugikan kita, salah satu contohnya adalah apabila kita tidak merawat dan membersihkan gigi kita maka akan muncul karang gigi pada dinding gigi kita yang akhirnya akan merusak gigi dan menyebabkan kita akan mengalami sakit gigi yang pastinya akan sangat mengganggu aktifitas kita dan kesehatan kita, karena dengan kita mengalami sakit gigi pasti akan susah makan, pusing dan uring-uringan.
Cara membersihkan karang gigi secara alami
Gambar karang pada gigi

cara menghilangkan karang gigi secara alami

Itulah sebabnya kenapa kita harus benar-benar menjaga dan merawat kesehatan gigi kita supaya tidak muncul karang pada gigi kita yang akhirnya bisa menyebabkan kita mengalami sakit gigi, nah kali ini berbagi-kiat akan coba berikan tips kesehatan mengenai cara membersihkan karang gigi secara alami yang bisa di lakukan sendiri di rumah dan yang pastinya jika anda menghilangkan karang gigi sendiri dengan cara alami ini tidak akan keluar banyak biaya seperti halnya jika anda membersihkan karang gigi di dokter gigi.

Berikut ini adalah beberapa langkah alternatif cara membersihkan karang gigi dengan bahan alami yang bisa anda coba praktikkan sendiri dirumah.

cara alternatif membersihkan karang gigi sendiri dengan bahan alami

  • membersihkan karang gigi dengan cengkeh
cengkeh merupakan bahan alami yang sangat bagus untuk menghancurkan karang gigi, ramuan dengan menggunakan cengkeh sudah digunakan oleh para leluhur kita sebagai cara melindungi gigi dari karang gigi, biasanya oleh para kakek nenek kita terutama yang berasal dari jawa dulu sering mengunyah ramuan cengkeh dengan daun sirih dan digosok-gosokkan ke seluruh area gigi.

Penggunaan cengkeh sebagai cara yang ampuh membersihkan karang gigi juga bisa dengan cara cengkeh di tumbuk halus kemudian digosokkan ke bagian gigi diamkan sesaat lalu kumur bilas dengan air hangat hingga bersih lakukan secara rutin, cengkeh juga bisa membantu membuat nafas kita menjadi lebih segar dan harum.

  • Buah Apel
Memakan buah apel tanpa dikupas dipercaya juga bisa membantu mengurangi munculnya karang gigi, lakukan secara rutin.

  • Biji asam kawak
Bubuk dari biji asam kawak ini kita gosokkan pada gigi kita dengan menggunakan sikat gigi atau dengan bantuan kapas, kemudian kumur bilas dengan air bersih lakukan secara rutin. Tapi sebelumdi buat menjadi bubuk biji asam kawak di sangrai terlebih dahulu.

  • Batu bata merah
Jama dulu batu bata merah juga digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi yang ampuh, caranya hanya dengan menghancurkan batu bata merah yang sudah dibersihkan hingga halus kemudian gosok-gosokkan pada sekitar gigi yang terdapat karang gigi, kemudian kumur bilas dengan air bersih, ulangi langkah tersebut hingga 3 kali, lakukan rutin.

  • Strawberry
Strawberry memiliki Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan dipercaya bisa membantu menghancurkan karang gigi dengan ampuh.

  • Menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk.
Kulit jeruk juga dipercaya sangat ampuh dalam menghancurkan karang gigi, caranya dengan menggosok-gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada bagian gigi kita yang terdapat karang gigi, lakukan secara rutin.

Mencegah timbulnya karang gigi pada gigi kita dengan cara menggosok gigi dengan rutin dan berkumur setelah memakan makanan adalah cara yang paling ampuh untuk menjaga gigi kita supaya tidak terkena karang gigi, rajin meminum air putih juga merupakan salah satu cara menjaga gigi dan membersihkan gigi dari serangan karang gigi dan tentunya juga menyehatkan.

Semoga sedikit tips kesehatan mengenai cara membersihkan karang gigi secara alami yang sudah dirangkum dari berbagai sumber diatas bisa anda jadikan acuan cara alternatif anda dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi sendiri di rumah.