bermacam khasiat bawang putih untuk kesehatan kita

Bermacam khasiat bawang putih untuk kesehatan kitaBawang putih(Allium sativum), sesuai namanya jenis umbi yang berwarna putih, memiliki bau menyengat ini seringkali dianggap oleh kebanyakan orang apabila kita banyak mengkonsumsi bawang putih ini akan mengakibatkan badan kita memiliki aroma yang tidak sedap. 

Sejenis Umbi – umbian  yang berasal dari Asia tengah dengan tinggi tanaman sekitar 50-60 cm ini termasuk kedalam family Liliacea.

Bawang Putih

bawang putih


Meski bawang putih memiliki aroma yang sangat menyengat dan selain digunakan sebagai bumbu penyedap sayur yang kita makan, bawang putih ini ternyata memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita.
Karena dalam bawang putih terdapat kandungan Vitamin C, Mineral P, Ca dan K juga terdapat kandungan Fe dan Vitamin B.

Bawang putih merupakan antibiotik alami, karena mampu dengan efektif melawan racun bakteri, jamur dan berbagai macam virus. Bawnag ini juga memiliki sifat antioksidan tinggi yang berguna untuk mengikat radikal bebas dalam tubuh kita.
Berfungsi juga untuk membantu mengurangi terjadinya pengentalan darah dan berguna untuk menyehatkan kinerja jantung kita. Dan bisa juga untuk membantu daya tahan tubuh kita dalam melawan virus flu dan batuk yang akan menyerang kita.

Berikut ini beberapa macam khasiat bawang putih untuk kesehatan kita :
Caranya adalah kukus beberapa siung bawah putih 5- 6 siung, kemudian blender dengan air panas kurang lebih 100-150cc, hingga halus. Setelah halus minum saat kondisi masih hangat.
  • obat sakit gigi yang ampuh
Bawang putih juga merupakan obat sakit gigi dan sakit gigi berlubang yang cukup ampuh dikarenakan bawang putih mengandung senyawa antiseptik. Caranya ialah gunakan irisan bawang putih yang sudah dibersihkan masukan kedalam gigi yang berlubang diamkan selama kurang lebih 5 menit kemudian bersihkan dan kumur dengan air hangat.
  • Menyembuhkan batuk – batuk.
ambil 1 siung bawang putih bersihkan kemudian ditambah dengan 1 buah belimbing blender dengan air hangat secukupnya hingga halus, tambahkan 2 sendok makan madu, minum saat masih hangat.
Adapun caranya gunakan beberapa batang daun bawang putih dan jahe dan buah manggis gunakan hanya daging buahnya, campur semua bahan dan diblender dengan air secukupnya hingga halus kemudian minum secara teratur dan berkala.
  • Untuk pengobatan rematik.
15 gram akar bawang putih yang sudah di cuci bersih, ditambahkan 5 butir cengkeh dan 1 buah mengkudu yang sudah matang dicuci lalu dipotong kecil – kecil, kemudian campurkan semua bahan dan blender dengan air secukupnya hingga tercampur rata minum dengan teratur.
  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi (Hipertensi).
Dengan cara di konsumsi secara mentah, atau dengan cara di rebus / diolah terlebih dahulu, tapi lebih dianjurkan untuk dikonsumsi secara mentah.
  • Untuk membantu meredakan asma.
gunakan 7 Siung bawang putih yang sudah di cuci bersih, kemudian masukan kedalam bagian tengah 1 buah melon ukuran kecil yang sudah dikupas dan telah dilubangi, lalu tutup kembali. Setelah itu kukus sampai matang dan blender dengan air secukupnya, lalu minum.
  • Mengatasi noda hitam bekas jerawat.
Mungkin bukan sebagai bahan utama untuk obat jerawat, bawang putih memilik khasiat menjadi obat alami yang ampuh digunakan untuk membersihkan noda hitam akibat bekas jerawat, itu disebabkan karena bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan ampuh digunakan untuk membasmi virus dan bakteri. caranya gosokkan satu irisan bawang putih pada bekas noda hitam jerawat di wajah secara perlahan, lakukan dengan rutin dan secara berkala untuk hasil yang maksimal.

bermacam khasiat bawang putih untuk kesehatan kita yang lainnya adalah, untuk para wanita bawang putih ini bisa digunakan sebagai obat pengurang rasa sakit waktu sedang haid / menstruasi.
gunakan 3 batang daun bawang putih cuci bersih, ditambah 15 gram adas diblender dengan 200 cc air hangat, lalu diminum saat sedang mengalami menstruasi.


Selain itu bawang putih juga dipercaya bisa untuk mengendalikan berat badan dikarenakan mengandung Allicin. Kandungan  tersebut mirip senyawa belerang yang di temukan pada bawang merah, kandungan tersebut dipercaya sangat efektif untuk  mengendalikan  berat badan dan juga efektif mengatasi permasalahan rambut rontok. Caranya juga sederhana, gosokkan  irisan bawang putih pada kulit kepala disertai dengan pijatan lembut. Lakukan secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

Semoga sedikit ulasan tentang khasiat bawang putih untuk kita yang dirangkum dari berbagai sumber ini bisa bermanfaat dan berguna untuk rekan - rekan semua.

0 Response to "bermacam khasiat bawang putih untuk kesehatan kita"

Post a Comment