mengenal Demam Berdarah Dengue dan gejalanya

Demam berdarah dengue adalah sebuah penyakit yang sangat menular dan penyakit yang cukup berbahaya karena bisa menyebabkan kematian bagi si Penderita apabila terlambat dilakukan penanganan setelah terserang penyakit tersebut. Info kesehatan kali ini akan mengulas dan mengenal Demam berdarah Dengue dan gejala yang di timbulkan oleh penyakit tersebut.
demam berdarah dengue dan gejalanya
bintik merah gejala demam berdarah

Mengenal Demam Berdarah Dengue, menurut id.Wikipedia.org adalah sebuah infeksi penyakit yang diakibatkan oleh Virus Dengue, untuk penyebaran jenis penyakit tersebut melalui beberapa jenis nyamuk dan untuk penyakit Demam Berdarah penyebarannya atau penularannya melalui nyamuk demam berdarah Aides Aegepty betina yang menggigit atau menghisap darah dari manusia pada saat siang hari dan Virus Dengue sendiri terbagi dari 4 jenis.

Menurut informasi yang dikutip dari Wikipedia belum ada vaksin yang dapat mencegah kita dari infeksi dengue tersebut, tapi kita bisa melakukan cara pencegahan supaya tidak terkena infeksi dengue tersebut dengan cara mengurangi jumlah atau meminimalkan prosentase kita tergigit oleh nyamuk pembawa virus tersebut, biasanya dengan cara memperkecil habitat tempat tinggal dan mengurangi jumlah perkembang biakkan nyamuk tersebut.

Demam berdarah Dengue salah satu dari virus dengue yang cukup berbahaya karena bisa menyebabkan kematian, hal itu dikarenakan si penderita demam tersebut akan mengalami kebocoran pembuluh darah dan terjadi pembekuan darah pada saluran darah di tubuh si penderita atau lebih sering kita dengar dengan istilah turunnya atau rendahnya kadar trombosit pada darah.

Gejala dan ciri-ciri demam berdarah pada umumnya seperti panas dengan suhu yang tinggi, pusing, lemas dan muntah disertai dengan darah, tapi gejala awal demam berdarah sendiri akan sulit dikenali karena gejala-gejala tersebut mirip dengan beberapa jenis penyakit lain yang tidak terlalu berbahaya seperti pusing dan demam.

Gejala penyakit demam berdarah yang harus diwaspadai

Beberapa ciri-ciri gejala yang muncul di bawah ini harus anda waspadai serta amati apabila ada kerabat anda mengalaminya, bisa jadi gejala tersebut adalah ciri-ciri gejala terjangkit demam berdarah. Berikut ini adalah gejala umum yang muncul apabila terjangkit demam berdarah dengue.
  • Demam disertai dengan suhu tinggi sekitar 38ºC sampai 40ºC atau lebih selama 2 hingga 7 hari.
  • Badan terasa pegal, otot terasa nyeri, pusing, lemah dan lesu.
  • Muncul bintik atau ruam merah disekujur tubuh si penderita dan apabila di renggangkan bintik tersebut tidak hilang, Gejala ini mungkin tidak muncul jika demam baru dialami. Untuk cara melihat bintik merah ini biasanya dilakukan dengan tes tourniquet, yaitu caranya dengan menjepit pembuluh darah dan mirip seperti saat cara hendak memeriksa tekanan darah.
  • Penderita terkadang akan mengalami muntah darah, mimisan dan berak darah.
  • Penderita terkadang akan mengalami rasa nyeri pada ulu hati yang diakibatkan terjadinya pendarahan pada lambung.
  • Pada hari ketiga Demam biasanya akan turun dan suhu tubuh normal, tetapi setelah itu demam akan kembali muncul, pada saat ini lah saat yang benar-benar harus diwaspadai, karena pada saat ini si penderita akan merasa bahwa dirinya sudah sembuh dan tidak menjaga kondisi badannya.
  • Trombositopenia ( =100.000 per mm3) atau kadar trombosit rendah.
  • Apabila sudah parah si penderita akan merasa gelisah, ujung tangan dan kaki muncul keringat dingin, terjadi Perdarahan pada selaput lendir mukosa, alat cerna gastrointestinal, tempat suntikan atau ditempat lainnya.

Pertolongan pertama pada penderita demam berdarah

  • Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pertolongan pertama apabila ada kerabat atau rekan kita yang diketahui terjangkit gejala demam berdarah.
  • Beri penderita minum air putih yang banyak supaya mencegah terjadinya dehidrasi
  • Kompres supaya suhu tubuh turun
  • Jika dalam 3 hari suhu panas tubuh tidak turun segera bawa kerumah sakit terdekat guna dilakukan pemeriksaan yang lebih intensif.

Pencegahan supaya tidak terserang demam berdarah.

Cara pencegahan yang bisa dilakukan supaya tidak terjangkit penyakit demam berdarah adalah :
  • Pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan sekitar tempat tinggal kita dengan metode 3M, yaitu menguras, menutup dan mengubur barang atau tempat sekiranya yang bisa dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aides Aegepty.
  • Abatisasi, adalah sebuah cara mencegah dengan menaburkan bubuk abate kedalam bak mandi atau tempat penampungan air sekitar rumah kita.
  • Fogging atau pengasapan yang dilakukan pada lingkungan sekitar daerah tempat tinggal penderita Demam berdarah, apabila pada daerah tersebut terdapat penderita demam berdarah positif 2 orang atau lebih.
Untuk pengobatan demam berdarah sampai saat ini tidak obat khusus untuk penyakit tersebut, karena memang sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk membunuh virus dengue tersebut. Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menangani penderita demam berdarah adalah :
  • Menjaga penderita supaya tidak mengalami dehidrasi 
  • Selalu kontrol dan monitor suhu tubuh si penderita
  • Beri asupan cairan yang cukup pada penderita
  • Awasi sipenderita jangan sampai terjadi syok disertai lemas, mengantuk dan pingsan.
  • Bila penderita lemas dan sulit makan sebaiknya penderita diberi cairan infuse untuk menjaga kondisi tubuhnya.
Hal-hal tersebut harus benar-benar anda perhatikan supaya kondisi penderita demam berdarah tidak semakin memburuk.

Semoga sedikit ulasan mengenal demam berdarah dengue dan gejalanya yang sudah berbagi-kiat rangkum dari berbagai artikel kesehatan ini bisa memberikan manfaat bagi anda yang mencari informasi mengenai penyakit demam berdarah, semoga bermanfaat.