ciri ciri gejala kanker serviks atau kanker rahim pada wanita

Kanker Serviks atau yang lazim dikenal dengan kanker mulut rahim atau kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi para perempuan selain kanker payudara, Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang cukup mematikan dan juga menempati peringkat teratas sebagai salah satu penyebab kematian wanita di dunia.

kanker-serviks-ciri-gejala-dan-pencegahannya

ciri ciri gejala kanker serviks pada wanita

Menurut informasi berita yang dilansir oleh Kompas di Indonesia sendiri memiliki angka kejadian diperkirakan hingga 15.000 kasus dalam tiap tahunnya, dan dengan perkiraan sekitar 53 juta wanita di Indonesia beresiko mengidap penyakit kanker mulut rahim ini. Menurut data yang di keluarkan oleh WHO, tercatat ribuan wanita meninggal diseluruh belahan dunia diakibatkan oleh penyakit kanker serviks.

Penyebab kanker serviks

Menurut Wikipedia Kanker Serviks atau kanker leher rahim adalah merupakan salah satu jenis kanker yang disebabkan oleh HPV ( human papilloma virus ) onkogenik yang menyerang pada bagian leher rahim dan mulut rahim. Terdapat lebih dari puluhan virus yang dikenal dengan sebutan HPV, HPV sendiri merupakan sejenis virus yang proses penularannya melalui hubungan seksual. Selain itu penularan HPV dipercaya juga bisa melalui cairan yang sebelumnya terkena sentuhan oleh penderita HPV, pemakaian kamar mandi dan WC umum yang sudah terkena virus HPV dan tidak dibersihkan dengan baik juga merupakan media penularan virus HPV.

Ciri ciri Gejala Kanker Serviks


Ciri ciri dan gejala Kanker serviks akan sangat susah di deteksi atau dikenali pada tahap-tahap awal karena kanker mulut rahim ini tidak memiliki gejala yang khas dan terkadang ditemui pada beberapa kasus kejadian tidak terdeteksi adanya gejala sama sekali hingga infeksi kanker mencapai tahap stadium lanjut, dan proses terjadinya infeksi HPV sampai menjadi kanker serviks membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu antara 10 tahun sampai 20 tahun. Oleh sebab itu kanker serviks ini disebut-sebut merupakan salah satu jenis kanker yang cukup mematikan.

Pada stadium lanjut gejala kanker mulut rahim yang bisa dikenali antara lain adalah terjadinya Pendarahan post coitus, pendarahan Sesudah menopause disertai dengan keluarnya cairan yang tidak biasa berwarna kekuning-kuningan, berbau dan bercampur dengan darah.

Proses-infeksi-kanker-serviks
gambar dari kankerserviks.org

Ciri-ciri wanita terjangkit kanker mulut rahim

Waspadai beberapa gejala seperti di bawah ini yang timbul pada diri anda dan mungkin bisa saja itu merupakan gejala awal kanker serviks :
  • Terjadi pendarahan pada Vagina tetapi berbeda dengan kondisi pendarahan apabila sedang mengalami menstruasi.
  • Keluarnya darah waktu menstruasi secara berlebih dan dalam jumlah banyak atau tidak normal.
    Sering merasakan sakit saat buang air kecil.
  • Nyeri pada daerah pinggul dan pinggul terasa sangat sakit.
  • Apabila sering terjadi pendarahan saat sedang melakukan hubungan intim dengan suami dan disertai dengan rasa sakit bisa jadi hal tersebut merupakan gejala awal anda terkena kanker serviks.
Apabila anda mengalami salah satu gejala diantara ciri ciri gejala terjangkit kanker serviks diatas sebaiknya anda segera konsultasikan kondisi tersebut kepada dokter ahli kandungan supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

pendeteksian dini kanker serviks dengan metode Pap Smear


Pencegahan supaya wanita tidak terkena kanker serviks

Pencegahan supaya tidak terkena Kanker mulut rahim bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini :

Pendeteksian dini secara rutin
Fungsi pendeteksian dini adalah supaya apabila terjadi infeksi kanker serviks tidak baru diketahui pada waktu stadium sudah lanjut, dan dapat diketahui saat stadium awal sehingga bisa dilakukan pengobatan dan kemungkinan kanker serviks bisa disembuhkan lebih besar. Cara pendeteksian dini gejala serviks tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan metode pap smear, teknologi self sampling dan inspeksi dengan asam asetat.

Vaksinasi
Pemberian Vaksin HPV kepada perempuan berusia 10 tahun hingga 55 tahun melalui suntikan, suntikan diberikan pada waktu bulan ke nol, satu dan enam.

Hubungan seksual yang sehat dan aman
Berhubungan seksual setia dengan satu pasangan masih beresiko tertular Virus HPV apalagi jika tidak setia dengan pasangan dan sering berganti-ganti pasangan. Sunat pada laki-laki juga sangat mengurangi resiko penularan virus HPV yang cukup signifikan dibandingkan dengan pasangan laki-laki yang tidak di “sunat”.

Pola hidup yang sehat, tidak merokok dan mengurangi mengkonsumsi makanan yang menggunakan bahan pengawet, pewarna  dan berpenyedap karena makanan yang mengandung zat-zat tersebut meningkatkan resiko terjangkit kanker.

Untuk pengobatan jika terjangkit kanker serviks sebaiknya dikonsultasikan dengan Dokter Spesialis penyakit kanker mulut rahim tersebut supaya tidak terjadi kesalahan dalam metode pengobatannya.

Semoga sedikit info kesehatan yang sudah berbagi-kiat sajikan mengenai ciri ciri gejala kanker serviks atau kanker rahim pada wanita dan cara pencegahannya yang sudah di rangkum dari berbagai sumber diantaranya Kompas dan Wikipedia ini bisa membantu anda, khususnya bagi perempuan supaya lebih waspada mengenai penyakit kanker Serviks, Semoga bermanfaat.