Khasiat temulawak untuk pengobatan herbal alami

Pada ulasan sebelumnya berbagi-kiat pernah membahas sedikit mengenai manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan, dan pada kesempatan kali ini kita akan memberikan sedikit informasi tentang khasiat temulawak untuk pengobatan herbal alami.

Sejak dari jaman kakek nenek kita Temulawak digunakan sebagai bahan obat herbal alami untuk pengobatan berbagai macam masalah kesehatan, Temulawak sewaktu digunakan untuk pengobatan sama juga cara pengolahannya seperti kunyit, biasanya dengan cara diolah menjadi ramuan minuman atau jamu temulawak.

Khasiat temulawak sebagai pengobatan herbal
rimpang temulawak

Khasiat temulawak Sebagai obat herbal

Berikut ini adalah beberapa khasiat Temulawak untuk mengobati berbagai macam penyakit :

Mengobati Gangguan Ginjal
Cara menggunakan temulawak sebagai obat gangguan ginjal, gunakan 2 batang / rimpang temulawak yang sudah di cuci bersih dan di iris tipis, segenggam daun meniran, dan satu genggam daun kumis kucing yang masih segar dan gula jawa (gula kelapa) secukupnya. Rebus semua bahan dalam 1 liter air hingga mendidih dan tersisa setengah, kemudian saring pisahkan dari ampas tunggu hingga hangat kemudian minum tiap hari 1 gelas secara rutin.

Mengatasi Penyakit Hepatitis B
Temulawak dipercaya juga bisa mengobati hepatitis B adapun caranya, gunakan 5 hingga 7 rimpang kunyit, temulawak serta daun sambiloto kering masing-masing kurang lebih 10 gram dan daun alang-alang sebanyak 40 gram. Rebus semua bahan dengan 1 liter air, Kunyit dan temulawak cukup dengan di memarkan saja kemudian tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya, saring dan minum ½ gelas 2 kali dalam sehari. Untuk mengurangi rasa pahit dari ramuan tersebut boleh ditambahkan madu pada ramuan yang sudah agak dingin.

Mengobati Asma
Gunakan irisan temulawak yang sudah dikeringkan sebanyak 1 hingga 2 rimpang, direbus dengan menggunakan air sebanyak 5 hingga 6 gelas serta ditambahkan dengan gula kelapa secukupnya, setelah mendidih dan tersisa kira-kira kurang lebih 3 gelas, kemudian saring dan minum selagi hangat sebanyak setengah gelas 2 kali sehari.

Temulawak untuk mengobati Cacar Air
Untuk mengobati cacar air dengan menggunakan temulawak caranya, 2 rimpang temulawak yang sudah diiris tipis dan dikeringkan direbus dengan menggunakan 1 liter air, ditambah dengan buah asam jawa 1 tangkai hingga mendidih, saring dan kemudian minum sewaktu masih hangat sebanyak setengah gelas diminum 2 kali sehari.

Membantu mengatasi nyeri sendi dan tulang (arthritis dan rematik)
Gunakan temulawak yang sudah diolah menjadi serbuk kurang lebih sebanyak 1 gram dan seduh dengan 1 gelas air mendidih aduk hingga merata kemudian diamkan selama 5 hingga 10 menit, pisahkan ampas dengan cara disaring dan kemudian minum. Lakukan rutin sehari sekali hingga nyeri tulang dan sendi berkurang.

Membantu menyembuhkan Sariawan.
Gunakan temulawak 1 rimpang yang sudah di iris dan dikeringkan dengan ditambahkan 3 ruas asam jawa dan 1 potong gula aren / gula kelapa, rebus semua bahan dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih dan tersisa kurang lebih sebanyak 1 gelas, saring dan minum 2 kali sehari.

Melancarkan Asi
Caranya Temulawak sebanyak 20 gram kupas dan cuci bersih kemudian parut hingga halus, hasil dari parutan tersebut kemudian diperas dan disaring, rebus sampai mendidih dan minum selagi hangat, dianjurkan 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari, boleh ditambahkan madu 1 sampai 2 sendok makan.

Membantu melancarkan HAID
Gunakan 1 rimpang temulawak yang sudah di iris dalam potongan kecil-kecil kemudian diseduh dengan segelas air panas, tambahkan 1 atau 2 biji asam jawa, bisa juga dengan ditambahkan sedikit madu untuk pemanis. Minum secara rutin sehari sekali.

Selain itu Temulawak juga sangat berkhasiat untuk perawatan kecantikan seperti halnya membantu menghilangkan bau badan, menghilangkan fleks hitam bekas noda jerawat, mengencangkan serta menghaluskan kulit dan meremajakan kulit wajah, mencerahkan dan menghilangkan bekas luka pada kulit serta membantu mencegah kulit terkena kanker kulit.

Untuk penggunaan temulawak sebagai bahan herbal perawatan kecantikan biasanya dengan cara di jadikan sebagai ramuan jamu untuk diminum, atau bisa juga dengan cara temulawak dihaluskan dan dibuat sebagai masker atau bubur untuk di balurkan dan dioleskan pada bagian kulit yang diinginkan.

Semoga artikel tentang Khasiat temulawak untuk pengobatan herbal alami yang sudah dirangkum dari berbagai sumber artikel mengenai khasiat temulawak ini bisa bermanfaat dan berguna bagi rekan-rekan yang sedang mencari informasi untuk mengatasi gangguan masalah kesehatan yang sedang di alami dan mungkin masalah kesehatan tersebut ada pada salah satu pembahasan diatas, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Khasiat temulawak untuk pengobatan herbal alami"

Post a Comment