cara ampuh mengatasi hidung tersumbat sebelah

Apakah saat ini anda sedang mengalami Hidung tersumbat sebelah? Apabila benar pasti akan sangat menyebalkan sekali tentunya, siapapun pasti pernah mengalami gangguan penyakit yang satu ini, meski penyakit tersebut termasuk ringan, tapi akan sangat mengganggu aktifitas kita sehari - harinya, terutama bila malam tiba dan sewaktu kita akan berangkat tidur.

Hidung tersumbat selain bisa terjadi pada kedua rongga lubang hidung biasanya paling sering terjadi hanya pada rongga sebelah saja atau hidung tersumbat sebelah. Selain menyerang dewasa dan anak – anak sering juga terjadi hidung tersumbat pada anak-anak.

Dan pada kesempatan kali ini berbagi-kiat akan mencoba mengulas sedikit tentang cara ampuh mengatasi hidung tersumbat yang sedang anda alami dan membahas sedikit info juga tentang pengobatan alami untuk hidung tersumbat sebelah, akan tetapi alangkah baiknya kalo rekan – rekan mengetahui apa sih yang menjadi penyebab hidung tersumbat itu.

Penyebab hidung tersumbat

Biasanya bisa dikarenakan karena masuk angin, Influenza dan sinusitis. Jenis penyakit tersebut umumnya menyebabkan peradangan pada lapisan rongga hidung serta sinus yang notabene merupakan jaringan kaya pembuluh darah. Pada saat peradangan itulah yang membuat pembuluh – pembuluh darah tersebut melebar dan terjadi pembengkakan hingga menyebabkan hidung mampet.

Rekan – rekan tidak perlu khawatir apabila hidung mampet yang anda derita disebabkan oleh penyakit ringan diatas akan bisa sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu 5 – 8 hari, bisa juga lebih cepat apabila dibantu dengan mengkonsumsi vitamin hingga daya tahan tubuh membaik. Dan apabila anda mengalami hidung tersumbat dalam jangka waktu yang lama ada baiknya cepat di periksakan ke Dokter, karena dikhawatirkan penyebabnya bisa dari virus, alergi, sinusitis kronis atau yang lebih ditakutkan lagi akibat adanya tumor jinak.

cara-ampuh-mengatasi-hidung-tersumbat-sebelah

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan alami

Berikut ini adalah cara alami yang ampuh mengatasi hidung tersumbat.

Makanan pedas
Makan makanan yang pedas bisa membantu mengatasi dan meredakan hidung mampet, karena dengan kita memakan makanan yang pedas membantu lendir yang kental dan menyumbat menjadi lebih encer dan bisa keluar dengan sendirinya.

Minum jahe dan jeruk nipis hangat
Minuman jahe juga bisa membantu mengatasi hidung tersumbat rasa pedasnya bisa membantu mencairkan ingus, jeruk nipis juga bisa membantu meredakan hidung tersumbat, dikarenakan kandungan vitamin C nya membantu menjaga kondisi kekebalan tubuh.

Steaming ( penguapan )
Cara ini menggunakan media air panas yang ditempatkan kedalam baskom kemudian hirup uap dengan  mengkerudungi wajah anda dengan handuk atau dengan kain,  cara ini bisa membantu mengencerkan dan mengalirkan lendir yang mampet pada rongga hidung. Bisa juga dengan memberi beberapa tetes minyak angin kedalama air panas tersembut sembari di hirup
.
Meninggikan posisi kepala sewaktu tidur.
Cara ini dilakukan apabila anda mengalami mampet sewaktu akan tidur, dan biasanya hidung mampet sebelah semakin menjadi lebih parah sewaktu posisi berbaring. Caranya ialah posisikan kepala anda lebih tinggi dengan cara memberi bantal tambahan pada leher dan kepala hingga menyerupai posisi seperti setengah duduk. Posisi tersebut membantu mengurangi penumpukan darah pada jaringan hidung sehingga bisa membantu meredakan hidung tersumbat sebelah yang anda derita.

Rekan – rekan tidak perlu khawatir dengan Cara pengobatan hidung tersumbat yang menggunakan bahan alami diatas, selain itu metode pengobatan alami untuk hidung tersumbat diatas tidak memiliki efek samping yang membahayakan, cara tersebut juga terbilang aman bila untuk di lakukan pada anak – anak.

Dan apabila setelah melakukan cara – cara pengobatan diatas dan masih belum sembuh juga sebaiknya rekan – rekan  periksakan ke Dokter.  Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara ampuh mengatasi hidung tersumbat sebelah yang sudah dirangkum dari berbagai sumber guna membantu memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "cara ampuh mengatasi hidung tersumbat sebelah"

Post a Comment