Nyeri dada sebelah kiri penyakit jantung kah?

Apakah anda saat ini sedang mengalami rasa nyeri pada sebelah kiri dada anda, dada terasa seperti ditusuk hingga terasa sampai bagian punggung dan lengan, apakah frekuensi nyeri dada sebelah kiri tersebut hanya bersifat kadang-kadang dan tidak selalu terasa setiap hari?

Apabila iya sebaiknya anda harus waspada bisa jadi rasa nyeri pada sebelah kiri dada anda itu merupakan gejala penyakit jantung, Tapi tidak selalu juga bahwa nyeri dada pada sebelah kiri anda itu merupakan penyakit jantung dan bisa jadi dikarenakan terjadinya gangguan pada organ-organ dalam yang terdapat pada dada, tapi tetap saja jangan anda abaikan bila mengalami rasa nyeri pada bagian dada sebelah kiri tersebut.

Nyeri-dada-sebelah-kiri
Nyeri pada dada sebelah sisi kiri

Rasa nyeri pada dada bagian kiri tersebut umumnya juga sering dirasakan oleh orang-orang pada saat muda atau sebelum menginjak umur 40 tahun. Adapun penyebab rasa nyeri pada dada sebelah kiri selain disebabkan oleh jantung juga diakibatkan oleh organ-organ yang terletak di sekitaran dalam dada seperti paru-paru, saraf, tendon, esofagus dan dapat juga akibat dari tulang rusuk, jadi belum tentu apabila terjadi rasa nyeri pada dada bagian sebelah kiri merupakan indikasi penyakit jantung.

Penyebab rasa nyeri pada sebelah kiri dada

penyebab rasa nyeri pada dada akibat karena ada masalah pada paru-paru kita contohnya terdapat darah beku dalam paru-paru kita, adanya peradangan pada radang selaput dada, rasa nyeri tersebut akan makin terasa parah apabila kita menarik nafas dalam-dalam dan saat batuk.

Rasa nyeri pada dada dapat juga timbul akibat asma, tulang rusuk yang terganggu akibat terkena benturan dan terjadi memar, karena gangguan otot.

Bisa jadi nyeri dada tersebut timbul karena adanya gangguan pada pencernaan kita, seperti asam lambung tinggi, mulas, banyaknya kandungan gas pada perut dan usus menyebabkan terjadinya tekanan pada saluran diafragma yang mengakibatkan terjadinya pengetatan pada dinding dada.

Untuk rasa nyeri pada bagian dada mulai terasa cobalah amati pada saat seperti apa dan bagaimana rasa nyeri tersebut muncul, apabila rasa nyeri dada muncul pada saat posisi badan dalam keadaan membungkuk atau sedang berbaring, maka rasa nyeri tersebut lebih kepada terjadinya peradangan pada saraf-saraf yang terdapat pada iga, indikasi lain yang mungkin menyebabkan munculnya rasa nyeri dada adalah terjadi peradangan pada rongga pembungkus paru-paru atau pleuritis. tidak menutup kemungkinan terdapat masalah pada persendian sekitar iga dan sekitaran otot dada.

Untuk meredakan rasa nyeri pada dada dan persendian otot dada sebelah kiri tersebut bisa diatasi dengan meminum ibuprofen sebanyak 3 kali dalam sehari dengan dosis 200mg dan dengan melakukan kompresan air hangat pada bagian nyeri tersebut dengan disertai pijatan selama kurang lebih 10 menit. Tapi apabila dengan tindakan tersebut rasa nyeri belum juga hilang alangkah baiknya segera dikonsultasikan ke Dokter khusus supaya bisa di kenali sumber dari nyeri tersebut.

Untuk rasa nyeri pada dada yang bersumber dari jantung memiliki ciri seperti berikut :

Rasa nyeri bersifat tidak terlokalisasi atau tidak dapat hanya dengan ditunjuk letak nyeri tersebut menggunakan jari, pasien penderita jantung biasanya akan menggunakan tangan untuk menunjukkan rasa nyeri pada bagian dada apabila ditanya bagian sebelah mana yang terasa nyeri.

Rasa nyeri dada akibat penyakit jantung lebih terasa seperti tertekan benda keras, tertindih, terasa sesak dan dada seperti terasa terbakar, dan mungkin penderita juga akan merasakan nyeri dada serasa seperti ditusuk - tusuk.

Terjadinya penjalaran rasa nyeri melalui saraf hingga ke daerah bahu, lengan kiri, area leher dan sampai tembus ke punggung. area tersebut merupakan ciri khas penjalaran rasa nyeri yang diakibatkan oleh jantung.

Oleh sebab itu rasa nyeri yang diakibatkan oleh penyakit jantung belum tentu dirasakan pada bagian dada sebelah kiri saja, bisa juga rasa nyeri tersebut muncul pada bagian kanan dada oleh akibat serangan jantung pada bagian jantung sebelah kanan, dan dapat juga rasa nyeri tersebut dirasakan pada punggung karena yang terserang jantung bagian belakang, untuk serangan jantung bagian bawah rasa nyeri yang ditimbulkan terasa pada bagian ulu hati yang mirip dengan rasa nyeri akibat sakit magh. semua itu bisa terjadi karena letak sebenarnya jantung adalah pada tengah bagian dada agak sedikit ke kiri.

Jadi tidak semua rasa nyeri dada sebelah kiri itu merupakan serangan penyakit jantung, nah semoga sedikit ulasan yang berbagi-kiat sudah rangkumkan dari berbagai sumber informasi kesehatan ini bisa memberikan pencerahan dan informasi bagi rekan-rekan yang sedang mengalami rasa nyeri dada sebelah kiri. Dan tidak ada salahnya juga waspada dengan cara mendiagnosis rasa sakit nyeri tersebut dengan bantuan Dokter supaya mendapatkan informasi lebih tepatnya tentang nyeri dada bagian kiri yang sedang anda derita.
Semoga bermanfaat.

3 Responses to "Nyeri dada sebelah kiri penyakit jantung kah?"

  1. assalamuallaikum... dok nama saya ridho awalnya saya sakit demam lalu saya kedokter katanya tipes lalu di beri obat beberapa hari demam saya hilang .. tapi saya malah sesak nafas lalu saya foto ronsen hasilnya ada cairan pleura di paru kanan saya .. cor : normal .. lalu saya di beri obat tapi tidak ada perubahan .. malah saya seperti terkena serangan jantung .. jantung berdetak kencang badan lemas pucat seperti mau mati .. lalu saya di bawa ke ugd lalu saya di tes ekg jantung saya normal .. setelah itu saya di opname... lalu saya tunjukan hasil foto ronsen pada dokter jaga di situ karena saat sebelum masuk ugd dokternya beda... hari ke 2 opname saya di suruh menyedot cairan di paru saya.. namun kata dokter cairan di paru saya tidak bisa di sedot semua karena sudah lengket jadi cuman di sedot sedikit untuk di lab di cito dan hasilnya positif tb.. tapi sebelumnya saya sudah cek dahak dan tes darah di ibl hasilnya negatif.. dan sekarang saya di sarankan paru saya di operasi karena cairanya sudah lengket ... lalu hari ke 3 saya di suruh pulang sambil menunggu hasil dari lab cito itu selama selama 5 hari yg hasilnya positif tb itu.. sementara saya di beri obat tb dulu tapi setelah pulang tp dari opname jantung saya berdebar kencang dada saya sesak tp kalau sesaknya sebelum dari opname.. lalu saya di suruh kontrol seminggu lagi.. tapi sehari sebelum kontrol dada sebelah kiri saya sakit sekali saat tidur terlentang apalagi tidur ke sebelah kanan atau saat menarik nafas panjang sakit sekali.. lalu saya besoknya saya pergi kontrol tapi katanya jantung saya tidak apa2 dan dosis obat saya di naikan dan di tambah obat penenang untuk tidur dan sampai sekarang dada saya sesak nyeri sebelah kiri jantung berdetak kencang.. oh iya dok saya seorang perokok dan kadang minum alkohol .. 1.kira2 saya sakit apa ya dok ? 2.apakah memang perlu di operasi dok paru saya ? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'allaikum salam mas Ridho, mohon maaf sebelumnya, saya sendiri bukan dokter dan bukan juga praktisi kesehatan, saya menulis dan membagikan informasi mengenai artikel2 kesehatan yang terdapat pada blog berbagi-kiat ini sekedar membagi informasi mengenai masalah kesehatan, dan juga dari "beberapa" informasi yang saya bagikan saya sendiri pernah mengalami hal tersebut dan bermaksud membagikan informasi mengenai hal tersebut.
      untuk masalah yang mas ridho hadapi sebaiknya mas Ridho konsultasikan kepada Dokter Spesialis dan menurut dari cerita mas Ridho sepertinya yang bermasalah pada bagian Paru-paru.
      Jadi sebaiknya Konsultasikan ke Dokter khusus Paru-Paru, untuk masalah jantung yang sakit tiap kali se-usai Mengkonsumsi obat yang diberikan oleh Dokter bisa jadi mas Ridho ada alergi terhadap obat-obatan tersebut yang mengakibatkan jantung mas Ridho berdetak kencang dan terkadang sakit, Sebaiknya sewaktu konsultasi di infokan juga kepada Dokter yang akan memeriksa masalah kesehatan Mas Ridho akan kondisi tersebut (rasa sakit dan jantung berdetak kencang setelah minum obat yang diberikan oleh Dokter ) supaya bisa di cek apakah memang mas Ridho memiliki alergi terhadap obat-obatan tersebut.
      Saran saya hentikan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dan sebisa mungkin kurangi kebiasan merokok anda juga.
      untuk sakit apanya silahkan dikonsultasikan kepada Dokter Spesialis Paru-paru supaya lebih jelasnya dan bisa diambil tindakan apakah memang harus dilakukan operasi atau hanya cukup dengan pengobatan saja.
      Wassallam.

      Delete