kutu air di kaki kita

Kutu air bukanlah nama sejenis serangga yang hidup di air sungai atau selokan, melainkan istilah sejenis penyakit yang di akibatkan oleh infeksi jamur Dermatophytes serta jamur Tricophyton dimana biasanya infeksi jamur ini menyerang pada permukaan kulit terutama paling sering terjadi pada sela-sela jari kita, selain itu kutu air juga bisa menyerang bagian lain pada tubuh kita seperti lengan, jari tangan maupun pangkal paha kita.

kutu air di kaki kita
gambar kaki dan tangan yang terkena kutu air

Meski sebenarnya penyakit ini tergolong bukan penyakit berat tapi penyakit kutu air ini sangat mengganggu kita, selain rasa perih dan gatal yang menyerang bagian terinfeksi, kutu air juga menimbulkan bau yang sangat tidak sedap pada bagian kulit kita yang terkena infeksi.

Penyebab kita terkena kutu air

Kutu air atau jamur ini sebenarnya hanya bisa hidup dan berkembang dalam kondisi tertentu saja, seperti karakteristik jamur pada umumnya, jamur kutu air ini membutuhkan tempat yang lembab dan hangat untuk hidup mereka.

Apabila anda memakai sepatu dan kaos kaki anda basah oleh karena air atau terkena keringat dalam waktu yang agak lama bisa mengakibatkan kutu air menyerang kaki anda, kondisi ini terjadi karena udara dalam kaki anda menjadi hangat dan lembab yang memicu jamur ini untuk tumbuh pada kaki kita.

Pada saat mencuci dan kaki terkena air kotor dalam waktu yang lama juga merupakan salah satu penyebab kaki terkena kutu air.

Gejala kutu air menyerang

Gejala apabila kita terkena kutu air mirip seperti infeksi jamur pada umumnya, seperti :
  • Kulit berwarna merah terasa gatal dan perih.
  • pada kulit yang terkena infeksi jamur kutu air biasanya kering dan bersisik terkadang kulit mengelupas.
  • apabila menyerang sela jari kaki biasanya sela jari kita terasa panas, perih disertai gatal yang cukup menggangu dan munculnya cairan diantara jari kaki dan berbau tidak enak.
  • terkadang juga disertai dengan pembengkakan.
Kutu air apakah menular?

Ya kutu air bisa menular, karena penyakit ini disebabkan oleh jamur, penularan bisa terjadi apabila ada kontak secara langsung atau sentuhan dengan bagian yang terserang infeksi kutu air. Bisa juga dengan melalui perantara seperti halnya memakai handuk atau menggunakan pakaian orang lain yang terkena kutu air.

Pencegahan supaya tidak terserang kutu air
  • Jaga selalu kebersihan kulit kita terutama sela jari kaki kita dari kotoran dan keringat.
  • Hindari pemakaian barang seperti handuk atau baju orang lain yang mungkin kebetulan orang tersebut tanpa sepengetahuan kita ternyata sedang mengalami infeksi jamu kutu air ini.
  • Jangan gunakan sepatu sewaktu basah, atau hindari memakai kaus kaki dalam waktu yang cukup lama supaya suhu dalam sepatu tidak menjadi panas dan lembab.
  • Keringkan sela-sela jari kaki kita dari air setelah kita mandi atau sesaat setelah mencuci dalam waktu yang lama.
jangan remehkan penyakit ini, meski bukan golongan penyakit berat akan tetapi penyakit ini sangat mengganggu kita dan penyakit jamur ini bisa makin meluas, dan apabila sudah parah kutu air bisa mengakibatkan keluar nanah dengan bau yang sangat tidak sedap apabila tidak segera dilakukan pengobatan.

Semoga sedikit penjelasan yang sudah berbagi-kiat rangkum dari berbagai sumber artikel kesehatan tentang penyebab kutu air di kaki kita ini bisa membantu anda yang sedang mencari informasi tentang kutu air ini dan cara pencegahannya supaya tidak terserang jamur tersebut.

Artikel terkait : obat kutu air di kaki